Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Kreatif Rumah Musim Panas

Kompas.com - 01/07/2018, 20:45 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang desainer dari Madrid, Spanyol, Isabel López-Quesada, menciptakan hunian liburan bernuansa biru dan putih yang tak lekang oleh waktu.

Hunian itu berada di Pulau Spetses, Yunani, salah satu negara di Eropa yang dikenal mendapatkan banyak sinar matahari saat musim panas.

Namun, skema warna rumah itu tetap disesuaikan dengan lokasinya. Begitu pula desain dan perabotan yang diubah sesuai dengan penghuninya.

López-Quesada mengatakan, dia memberi tampilan khas Yunani saat musim panas, tetapi lebih bebas melalui campuran dengan garis-garis tenun ikat dari Majorca, Spanyol.

Berikut ini lima cara kreatif yang dia terapkan untuk memberi keindahan rumah unik sesuai dengan musim panas:

Mendesain ulang perabotan guna menghadirkan suasana baru

Kehadiran tempat tidur berkanopi dengan bantal berumbai sebagai penghuni baru di ruang tamu tetap terlihat cocok di ruang yang biasanya dihuni oleh sofa dan kursi kayu.

Lantai antik bernuansa masa lampau.Richard Powers / Architectural Digest Lantai antik bernuansa masa lampau.
Lantai antik bernuansa masa lampau

Untuk memperlihatkan variasi warna dan pola di dapur agar terasa tenang, desainer Isabel López-Quesada memasang deretan ubin antik untuk menciptakan efek backsplash.

Lantai itu biasa digunakan di stasiun kereta pada zaman dahulu sampai sekarang sehingga tak lekang oleh waktu.

Deretan palet berwarna putih dan biru di langit-langit.Richard Powers / Architectural Digest Deretan palet berwarna putih dan biru di langit-langit.
Tambahkan detail arsitektur

Lekatkan deretan palet berwarna putih dan biru di langit-langit sehingga tampak seperti berusuk. Hiasan di bagian atas itu terlihat cocok dengan warna-warni lantai kayu.

Tempat tidur berbentuk persegi panjang dengan tambahan tirai.Richard Powers / Architectural Digest Tempat tidur berbentuk persegi panjang dengan tambahan tirai.
Kelilingi dengan tirai

Jika Anda memiliki tempat tidur berbentuk persegi panjang, tambahkan tirai dalam pola dan warna tertentu sesuai dengan musim panas, misalnya bermotif garis-garis dan warna putih.

Suasana ruang yang lebih hangat.Richard Powers / Architectural Digest Suasana ruang yang lebih hangat.
Merombak ruang pertemuan formal

 Buatlah suasana di ruang makan terasa lebih hangat dengan variasi kursi. Dalam hal ini, López-Quesada menghadirkan kursi Yunani yang dipadu dengan bantal bercorak eklektik untuk menciptakan rasa keakraban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com