Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Gelar Kompetisi Internasional Desain Toilet

Kompas.com - 15/05/2018, 19:57 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Organisasi desain global yang berbasis di Shanghai, China, Young Bird Plan, baru-baru ini mengumumkan kompetisi desain toilet umum.

Kompetisi ini bertujuan menciptakan "Revolusi Toilet Publik" di Suichang, Provinsi Zhejiang, China, dengan memilih 5 pemenang teratas.

Salah satu kriteria utama dalam penilaian adalah peradaban suatu kota atau desa yang mengakomodasi kondisi toilet lokal.

Sejak 2015, “Revolusi Toilet” China telah menyebar dari tempat-tempat wisata ke seluruh wilayah, dari kota ke daerah pedesaan.

Hal ini memberi contoh baik tentang kontribusi positif untuk mengembangkan negara yang indah dan sehat.

Meski demikian, masih banyak upaya yang harus dilakukan karena wilayah China sangat luas.

Oleh karena itu, sebagai tanggapan terhadap daya tarik "Revolusi Toilet", Suichang People's Government, Young Bird Pland dan LeLiving meluncurkan Kompetisi Suichang "Neo-Toilet" 2018.

Ilustrasi toilet.Thinkstockphotos Ilustrasi toilet.
Kompetisi ini berkomitmen untuk meningkatkan pengembangan pariwisata dan revitalisasi desa-desa dengan berfokus pada aspek kecil dari kehidupan masyarakat.

Skema finalis 5 besar akan dimodifikasi dan dikelola di bawah tanggung jawab LeLiving dan Suichang People's Government.

Suichang, Provinsi Zhejiang, dikenal sebagai kota yang terisolasi dari dunia modern. Kota ini demikian indah dengan sejarah 1.800 tahun yang dikelilingi pegunungan.

Pada akhir Dinasti Tang, Biksu Guan Xiu telah berdiam di Suichang Tangshan dalam pengasingan dan kedamaian selama lebih dari 14 tahun.

Suichang menawarkan pemandangan yang menawan, seperti Taman Nasional Tambang Emas Suichang, Batu Nanjian, Gunung Qianfo, Lembah Shenlong, Mata Air Panas Hongxingping, Museum Zhutan, Gunung Baima dan Gunung Jiulong.

Didukung oleh sumber daya alam yang diuntungkan dan latar belakang budaya, Suichang menganut prinsip pembangunan hijau, strategi membangun kawasan pariwisata dan rekreasi di Delta Sungai Yangtze.

Ilustrasi toilet umumshutterstock Ilustrasi toilet umum
Suichang telah menciptakan jalur yang berpusat pada pariwisata dan mengintegrasikan berbagai industri, membangun citra dan reputasi ramah lingkungan.

Peserta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com