Sudah Diterapkan di Eropa, Begini "Multilane Free Flow" Bekerja

Kompas.com - 01/07/2018, 19:36 WIB
Multilane free flow. Autostradetech.itMultilane free flow.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menerapkan sistem baru transaksi di jalan tol yang disebut multilane free flow (MLFF).

Namun, hingga kini lelang teknologi yang akan diaplikasikan guna mendukung kebijakan tersebut belum dilakukan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, semula MLFF akan dilaksanakan pada akhir 2018. Namun, proses lelangnya hingga kini masih disiapkan.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa tetap berlaku lelang, nanti dapat pemenang. Seperti bangun jalan tol, kan itu kami lelang, kemudian disiapkan semua, lalu operasikan," ujar Herry di Jakarta, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (3/5/2018).

Untuk diketahui, MLFF merupakan sistem pembayaran jalan tol yang memungkinkan pengguna jalan tidak perlu menghentikan kendaraannya saat bertransaksi.

Hal itu terjadi karena adanya alat pembayaran elektronik yang dipasang di kendaraan. Sistem ini sudah diterapkan di negara lain yang dioperasikan oleh pemerintah atau swasta.

Salah satunya yaitu Autostrade Tech, operator infrastruktur jalan dan jaringan komunikasi berbasis di Italia. Perusahaan ini sudah mengoperasikan MLFF di beberapa negara Eropa, misalnya di Austria.

Lantas bagaimana sistem operasi MLFF yang diterapkan Autostrade Tech?

Multilane free flow. Autostradetech.it Multilane free flow.

MLFF di jalan tol

Sistem yang diproduksi Autostrade Tech merupakan cara pembayaran di jalan tol yang memungkinkan pengguna jalan tidak perlu memperlambat laju kendaraannya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X