Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITDP dan Bike2Work Donasikan Rak Parkir Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Kompas.com - 17/08/2020, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) dan Bike to Work (B2W) Indonesia menghadiahi rak parkir berkapasitas 10 sepeda kepada pengelola Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Donasi ini diberikan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang jatuh hari ini, Senin (17/8/2020).

Menurut Direktur ITDP Asia Tenggara Faela Sufa, pemberian rak parkir tersebut bertujuan memberikan fasilitas para pesepeda yang hendak mengunjungi museum.

"Ini adalah upaya kami untuk memerdekakan pesepeda yang hendak mengunjungi museum yang sangat penting keberadaannya sebagai pengingat perjuangan kemerdekaan Indonesia," ujar Faela Sufa dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (17/8/2020).

Ketua B2W Indonesia Poetoet Soedarjanto berharap, pemberian rak parkir sepeda tersebut dapat mengakomodasi dan mengundang pesepda datang ke museum.

Selain itu, adanya pemberian rak parkir ini bisa menambah fasilitas parkir sepeda lainnya di setiap museum maupun fasilitas publik lainnya.

Baca juga: Fenomena Sepedaan Meningkat, Buku Panduan Diluncurkan

Sebelumnya, B2W Indonesia juga telah memberikan Buku Panduan Bersepeda secara gratis yang berupaya untuk mengajak dan mengingatkan para pengguna agar mampu mengendarai sepeda dengan baik.

Bukan tanpa alasan, pemberian buku panduan bersepeda secara cuma-cuma ini karena fenomena peningkatan penjualan sepeda pada tahun 2020 hingga 250 persen.

Oleh sebab itu, dengan adanya buku ini bisa memberikan suatu pembelajaran bagi para pesepeda untuk melakukan aktivitasnya tersebut dengan benar dan aman.

Buku tersebut rencananya akan diupayakan untuk disisipkan pada produk- produk sepeda atau aksesoris sepeda yang dijual, seperti helm atau jersey.

Meski belum diluncurkan, satu pabrikan sepeda dan satu produsen jersey skala internasional telah berkomitmen untuk turut serta dalam program ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com