Konsep Neo-Vernakular Rumah Adat Lampung, Sarat Ornamentasi

Kompas.com - 17/08/2021, 16:00 WIB
Rumah Adat Lampung Rumah Adat Lampung

JAKARTA, Kompas.com - Merdeka! Pekik kemerdekaan memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia, 17 Agustus, menggema di seluruh Bumi Nusantara.

Tahun ini merupakan tahun ke-7, Presiden Joko Widodo mempimpin upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, di Istana Merdeka, jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap tahun pula, selama tujuh tahun berturut-turut Presiden mengenakan pakaian adat yang berbeda dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Pada upacara tahun ini, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Lampung

Tujuan Presiden mengenakan pakaian adat adalah untuk memperkenalkan keragaman kebudayaan Nusantara ke kancah Internasional.

Pakaian adat Lampung masih terjaga kelestariannya hingga kini, tak hanya dikenakan saat memperingati hari-hari besar, melainkan juga dalam kehidupan personal seperti lamaran, pernikahan, hingga khitanan.

Baca juga: Ini Empat Karakter Arsitektur Tradisional Suku Baduy

Tak lengkap kiranya, jika membahas pakaian adat Lampung yang kembali diperbincangkan publik usai Presiden tampil mengenakannya tanpa mengulas hal-hal lain khas Lampung.

Rumah adat, misalnya. Apakah Anda tahu mengenai rumah adat Lampung yang telah mengalami pengayaan-pengayaan unsur hingga kemudian tercipta konsep arsitektur neo-vernakular?

Konsep arsitektur neo-vernakular adalah suatu penerapan elemen arsitektur yang sudah ada, baik bentuk, konstruksi, konsep, filosofi, dan tata ruang yang kemudian mengalami pembaruan menjadi lebih modern, tanpa mengenyampingkan nilai-nilai tradisi setempat.

Rumah adat Lampung adalah contoh dari arsitektur neo-vernakular. Berbentuk bujur sangkar (persegi) dengan atap bubungan tinggi, rumah ini ditopang oleh struktur kayu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.