Masjid Masa Kini, Tanpa Kubah dan Mengusung Konsep Kesetaraan Gender

Kompas.com - 21/04/2021, 13:11 WIB
Masjid King Abdullah Financial District (KAFD) di Riyadh www.middleeastarchitect.comMasjid King Abdullah Financial District (KAFD) di Riyadh

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga kerap menjadi tengara atau landmark, sekaligus kebanggaan umat Islam di berbagai belahan dunia.

Menariknya, terdapat sejumlah masjid ikonik dan menjadi kebanggaan, mengeliminasi keberadaan kubah dan minaret sebagai tipikal khas zaman dulu.

Kemajuan arsitektur telah mengubah desain masjid menjadi lebih dinamis, dan relevan dengan kemajuan zaman. Modern dan kontemporer adalah ciri khas masjid saat ini.

Baca juga: Masjid Mewah Chechnya Berubah Warna Saat Azan Berkumandang

Selain itu, nilai-nilai yang tertuang dalam konsep kesetaraan gender, ramah lingkungan, hemat energi, dan berkelanjutan, memengaruhi desain masjid.

Berikut 5 masjid dengan desain arsitektural modern tanpa kubah:

1. Masjid Al Dana, Abu Dhabi

Masjid Al Dana di Abu Dhabi https://www.middleeastarchitect.com/ Masjid Al Dana di Abu Dhabi
Masjid megah dan mewah bernama Al Dana ini berlokasi di Dubai, dan dirancang oleh X-Architect.

Terletak di Al Dana Utara yang merupakan bagian dari pengembangan pantai Al Raha di Uni Emirat Arab (UEA) Abu Dhabi, menghadap Pantai Marina.

Masjid Al Dana dibangun di area seluas 2.200 meter persegi, dan tuntas konstruksinya pada 2019.

Baca juga: Gereja St Theodore Ikut Menggalang Dana Pembangunan Masjid Termegah di Eropa, Ini Faktanya

Karena berada di pesisir laut, masjid ini dibangun dengan sangat hati-hati, dengan rancangan yang dibuat untuk menjaga harmoni dan lingkungan di sekitarnya.

Mengusung Konsep Kesetaraan Gender

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X