Masjid Mewah Chechnya Berubah Warna Saat Azan Berkumandang

Kompas.com - 20/04/2021, 12:47 WIB
Masjid Prophet Mohammed di Chechnya Rusia www.themoscowtimes.com/Masjid Prophet Mohammed di Chechnya Rusia

JAKARTA, KOMPAS.com - Rusia merupakan negara yang memiliki banyak negara bagian.

Dari total 88 negara federasi, 21 di antaranya merupakan negara federasi berbentuk republik yang mewakili wilayah-wilayah kelompok etnis non-Rusia.

Karena mayoritas beretnis non-Rusia, negara federasi berbentuk republik biasanya menampilkan lanskap kehidupan masyarakatnya yang unik dan berbeda dari masyarakat Rusia pada umumnya.

Chechnya, contohnya. Berbeda, dari kebanyakan negara federasi Rusia lainnya, Republik Chechnya menjadi negara federasi dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Baca juga: Gereja St Theodore Ikut Menggalang Dana Pembangunan Masjid Termegah di Eropa, Ini Faktanya

Karenanya, di negara ini, Rusia membangun sebuah masjid megah dan mewah yang dinamakan Masjid Prophet Mohammed.

Kemewahan ditonjolkan dari penggunaan material marmer kualitas tinggi di seluruh bagian masjid, serta teknologi modern canggih dalam hal pencahayaan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, ketika azan berkumandang, pencahayaan bagian luar akan mengubah warna masjid menjadi biru, hijau, merah, ungu, dan warna lainnya.

Berikut fakta Masjid Prophet Mohammed:

1. Diresmikan Tahun 2019 dan Jadi Masjid Terbesar di Eropa

Dilansir Reuters.com, Masjid Prophet Mohammed diresmikan pada Jumat, 23 Agustus 2019 oleh otoritas Rusia di wilayah Chechnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X