Kompas.com - 14/04/2021, 14:01 WIB
Soft launching Kesawan City Walk (KCW) oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution beberapa waktu lalu. Pengunjung diajak menikmati aneka kuliner sambil mengamati gedung-gedung tua yang berdiri di kawasan Kesawan KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTISoft launching Kesawan City Walk (KCW) oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution beberapa waktu lalu. Pengunjung diajak menikmati aneka kuliner sambil mengamati gedung-gedung tua yang berdiri di kawasan Kesawan

MEDAN, KOMPAS.com - Niat kuat Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menata kawasan heritage Kesawan terus dibuktikannya.

Selasa pekan lalu, tim terpadu Satpol PP Kota Medan untuk kedua kalinya menghancurkan sejumlah bangunan tak berizin di Jalan Ahmad Yani 7, tepatnya di depan Gedung Warenhuis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan, kawasan Kesawan, tempat berdirinya puluhan gedung-gedung bersejarah peninggalan Belanda dan Jepang akan direvitalisasi untuk dikembalikan ke bentuk semula.

Oleh karena itu, Bobby menindak tegas menindak pemilik bangunan yang tak mau ikuti aturan Pemerintah Kota Medan

"Seluruh bangunan di kawasan heritage harus mengikuti regulasi perlindungan cagar budaya. Terkhusus daerah Kesawan jangan mengubah bentuk, ikuti regulasi, tempat ini harus kita lestarikan,” kata Bobby dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (14/4/2021).

Bangunan yang kemarin dihancurkan adalah bekas kantor harian surat kabar lokal.

Baca juga: Jejak Sejarah Tiga Bangunan Tua yang Disinggahi Sandiaga Uno di Kesawan City Walk

Menurut Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan Benny Iskandar, kantor media massa itu, tidak mendapatkan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) karena tidak sesuai dengan bentuk aslinya. 

Sebelum dihancurkan, Benny mengaku sudah bermusyawarah dengan pemilik bangunan dan memberi tempo sampai Senin (6/4/2021), jika tidak diindahkan akan dibongkar.

Rekomendasi izin tak akan keluar jika pemilik bangunan tak mampu mengembalikan bangunan ke bentuk awal.

Padahal, pemilik bangunan sudah diberikan foto bangunan sebelumnya oleh Dinas Kebudayaan Kota Medan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.