Jejak Sejarah Tiga Bangunan Tua yang Disinggahi Sandiaga Uno di Kesawan City Walk

Kompas.com - 31/03/2021, 06:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mendukung Program Pemkot Medan menghidupkan ekonomi dan UMKM lewat The Kitchen of Asiadi kawasan cagar budaya Kesawan City Walk, Sabtu (27/3/2021) malam KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTIMenparekraf Sandiaga Uno mendukung Program Pemkot Medan menghidupkan ekonomi dan UMKM lewat The Kitchen of Asiadi kawasan cagar budaya Kesawan City Walk, Sabtu (27/3/2021) malam

MEDAN, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung Program Pemerintah Kota Medan menghidupkan ekonomi dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lewat The Kitchen of Asia.

Program ini diimplementasikan di kawasan cagar budaya Kesawan City Walk, Medan.

Dukungan nyata ditunjukkan Sandi dengan mengunjungi Kesawan pada Sabtu (27/3/2021) lalu.

Bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, keduanya memulai jalan-jalan di kawasan yang akan menjadi pusat budaya dan sentra kreatif ini dengan Shalat Magrib berjamaah Masjid Lama Gang Bengkok.

Masjid ini dibangun oleh saudagar Tionghoa Tjong A Fie pada 1885, renovasi pembangunannya selesai pada 1889.

Baca juga: Bobby Nasution Akan Revitalisasi Supermarket Tertua Berusia 105 Tahun

Masjid ini kemudian diserahkan kepada Kesultanan Deli di masa pemerintahan Sultan Deli Makmoen Al Rasjid Perkasa Alamsyah.

Tjong A Fie sendiri merupakan Majoor der Chineezen atau Wali Kota pertama untuk komunitas China di Kota Medan. Dia tutup usia pada 4 Februari 1921 karena pendarahan otak.

Dari foto pemakaman yang tergantung di dinding rumahnya, terlihat ratusan pelayat menghadiri dan mengantar ke peristirahatan terakhirnya di komplek pemakaman milik keluarga di kawasan Medanbrayan, Kota Medan.

Tjong A Fie juga dikenal sangat dekat dengan Makmoen Al Rasjid Perkasa Alamsyah dan para petinggi kolonial Belanda.

Selesai shalat, dengan berjalan kaki, Sandi dan Bobby menuju ke gedung Werenhuis di Jalan Hindu atau Ahmad Yani 7.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X