Badan Otorita Labuan Bajo Incar 1,5 Juta Wisatawan Per Tahun

Kompas.com - 29/01/2021, 19:00 WIB
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan BOPLBF melaksanakan famtrip dengan media di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu, (13/9/2020). (HANDOUT/BOPLBF) HANDOUT/BOPLBFKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan BOPLBF melaksanakan famtrip dengan media di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu, (13/9/2020). (HANDOUT/BOPLBF)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana Fatina menargetkan 1,5 juta wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo setiap tahunnya.

Target tersebut seiring pengembangan Labuan Bajo yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau Bali Baru dengan status 'super prioritas' pada tahun 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita mau mengejar jumlah kunjungan. Jumlah kunjungan saat ini baru 250.000 wisatawan mancanegara per tahun," kata Shana dalam diskusi virtual bertajuk 'Labuan Bajo, New Bright Future Paradise', yang digelar Garuda Infrastructure, Kamis (28/01/2021).

Baca juga: Karena Pandemi dan Infrastruktur Belum Siap, Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo Tertunda

Shana merinci, target untuk wisatawan mancanegara atau asing sebanyak 500.000 orang, sementara wisatawan domestik 1 juta orang.

Selama pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo menurun drastis.

Tercatat per September 2020 total jumlah kunjungan wisatawan baik asing maupun lokal hanya 31.031 orang. Angka ini jauh di bawah kunjungan pada 2019 yang mencapai 160.237 wistawan.

"Pandemi sangat berdampak terhadap wisata di Labuan Bajo," kata dia.

Selain menurunnya jumlah kunjungan, Pandemi Covid-19 juga mengakibatkan terhambatnya pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo.

"Selain itu pembangunan aksesibilitas juga terhambat. Kami sedang menghubungkan ke-35 titik destinasi wisata yang ada ini menjadi nyaman bagi wisatawan," tutur dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.