Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Wabup Flotim Minta Perluasan Bandara Larantuka

Kompas.com - 29/10/2020, 11:02 WIB
Nansianus Taris,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LARANTUKA, KOMPAS.com - Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli meminta Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mendukung perluasan Bandara Gewayana Larantuka.

Permintaan tersebut dalam rangka pengembangan pariwisata terintegrasi di Pulau Flores dan sekitarnya.

Agustinus mengatakan, untuk mewujudkan itu, pemerintah perlu mengatur rute penerbangan Labuan Bajo-Larantuka.

"Saya minta bapak Gubernur NTT mendukung perluasan Bandara Gewayana Larantuka agar pesawat jenis besar bisa melayani masyarakat Flotim Lembata langsung ke Labuanbajo dan wilayah lain di Indonesia," kata Agustinus kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Jurassic Park, Penolakan Warga, dan Upaya Perlindungan Habitat Komodo

Dia melanjutkan, pariwisata Labuan Bajo akan teritegrasi dengan wisata religi Semana Santa di Larantuka dan pantai pasir timbul di Meko, Pulau Adonara, yang teragendakan dalam kalender wisata Provinsi NTT.

Oleh karena itu, kerja sama antar-kabupaten di Flores, Lembata, Alor dan Bima diperlukan untuk mendukung pariwisata yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Flores dan sekitarnya dengan pintu masuk utama Labuan Bajo.

Hal itu penting dilakukan agar masyarakat mendapatkan manfaat langsung pariwisata untuk mendongkrak ekonomi rakyat di sektor pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya.

"Flores Timur dan Lembata secara riil akan mendukung pariwisata Labuanbajo Flores dengan mengirim pasokan ikan," kata Agustinus.

Dia mengungkapkan, menggeliatnya sektor pariwisata akan menumbuhkan pendapatan per kapita penduduk secara nyata dan tentunya akan membuat rakyat sejahtera.

"Gubernur NTT setuju hal tersebut saat saya sampaikan di Labuan Bajo kemarin. Perlu langkah konkret untuk wujudkan itu supaya masyarakat langsung memanfaatkan dampak dari pariwisata," tuntas Agustinus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com