Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Libur, 366.566 Kendaraan Melintas di Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 03/11/2020, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat 366.566 kendaraan melintas di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) pasca momen cuti bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Angka tersebut merupakan akumulasi Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) selama libur cuti bersama mulai Kamis (28/10/2020) hingga Sabtu (31/10/2020) dari beberapa Gerbang Tol (GT).

GT tersebut yakni, Bakauheni Selatan di Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), GT Pekanbaru di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), dan GT Blang Bintang di Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan, puncak tertinggi LHR pada saat
libur panjang akhir pekan terjadi pada Kamis (28/10/2020) sebesar 16,53 persen dibandingkan LHR normal.

“Mengalami peningkatan hingga 92.260 kendaraan yang melintas pada saat libur panjang dan cuti bersama," ujar Suroto.

Baca juga: Libur Panjang, Check-Point Disiapkan di Tiga Ruas Tol Trans-Sumatera

Suroto melanjutkan, puncak arus balik kendaraan yang melintas dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa melalui exit toll (pintu keluar tol) Bakauheni Selatan di Tol Bakter pada Minggu (1/11/2020) mencapai 6.933 kendaraan.

Dengan membludaknya kendaraan yang melintas, Hutama Karya menyediakan pos titik pengecekan di tiga ruas tol yakni, Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Bakter, serta Tol Permai.

Selain itu, Hutama Karya juga membentuk Tim Tanggap Darurat Covid-19 yang bertugas untuk memastikan semua cabang tol yang dikelola telah melakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi Covid-19.

Setiap cabang tol itu juga melakukan berbagai upaya pelayanan yakni, melakukan pembagian masker, hand-sanitizer, serta kartu Uang Elektronik (UE). 

Hutama Karya juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Misalnya, berkendara dalam kondisi prima, mengecek kondisi kendaraan, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com