Tak Ada Masalah Prinsip, Tol Layang JORR Bisa Segera Dibangun

Kompas.com - 25/10/2020, 22:00 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta Outer Ring Road ( JORR) atau JORR Elevated sudah bisa dibangun Tahun 2020.

Hal ini menyusul lengkapnya perizinan prinsip dan prakarsa yang telah diterbitkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Izin prinsip pengembangan tol layang ini telah diterbitkan oleh Kementerian PUPR sejak 11 Desember 2018. Sementara izin prakarsanya dikeluarkan pada 21 Januari 2020.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan Tol Layang JORR bisa segera dibangun.

"Sudah mulai bisa dibangun, karena sudah tidak ada masalah prinsip lagi," ujar Hedy kepada Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Cengkareng-Cinere Bakal Tersambung Tol Akhir 2020

Dia menjelaskan, setelah izin prinsip dan izin prakarsa keluar, proses selanjutnya adalah penetapan lokasi (penlok) dan pengadaan tanah, serta pelelangan.

"Proses pembangunan bergantung pada kecepatan badan usaha jalan tol (BUJT) untuk menyiapkan dokumen pengadaan tanah," imbuh Hedy.

Tol Layang JORR diprakarsai oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk bersama PT Triputra Utama Selaras (TUS), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST).

Guna merealisasikan tol ini, mereka sepakat membentuk perusahaan konsorsium bernama Jakarta Metro Expressway (JMEX).

Dalam rancangan kerjanya, Tol JORR Elevated yang menghubungkan Ulujami-Pondok Indah-TMII-Jati Asih ini didesain sepanjang 22 kilometer dengan estimasi nilai investasi Rp 21,5 triliun.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X