[POPULER PROPERTI] Proyek Infrastruktur Harus Berlanjut di Tengah Ancaman Resesi

Kompas.com - 24/09/2020, 09:35 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda Dokumen Jasamarga Balikpapan SamarindaTol Balikpapan-Samarinda

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi pada Kuartal III-2020 menjadi minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen.

Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2020 akan berada pada kisaran minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen dari sebelumnya minus 1,1 persen hingga 0,2 persen.

Ancaman resesi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda tak hanya berpengaruh pada konsumsi rumah tangga, investasi dan kegiatan ekspor- impor, melainkan terhadap proyek pembangunan infrastruktur.

Direktur Center for Sustainable Infrastructure Development (CSID) Fakultas Teknik Universitas Indonesia Mohammed Ali Berawi, akan terjadi perlambatan aktivitas pelaksanaan pembangunan proyek infrastruktur yang sedang berjalan.

Oleh karena itu, proyek yang rencananya akan dilaksanakan pada masa resesi perlu dilakukan penyesuaian berdasarkan kriteria dari kesiapan, skala prioritas, dan urgensi proyek, serta dampak ekonomi yang dihasilkan.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Selengkapnya bisa Anda baca di sini Indonesia Terancam Resesi, Pengamat: Proyek Infrastruktur Harus Berlanjut

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan 10 proyek infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat secara virtual, Senin (21/9/2020).

Perlu diketahui, sejumlah proyek infrastruktur tersebut bernilai Rp 277 miliar.

Basuki mengatakan, pembangunan infrastruktur dilakukan dalam rangka mendorong pemerataan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X