Kabar Terkini Tol Gilimanuk-Mengwi, Tender Dimulai Kuartal IV-2020

Kompas.com - 22/09/2020, 14:45 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan terkini rencana pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Provinsi Bali, akan dimulai pada tahapan lelang ( tender).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, tahapan tender ini dilaksanakan pada Kuartal IV Tahun 2020.

" Tol Gilimanuk-Mengwi lelang pada Kuartal IV-2020," ujar Eko kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Eko melanjutkan, saat ini Kementerian PUPR sedang melakukan penyiapan kerja sama melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha ( KPBU).

Kendati demikian, izin prakarsa proyek tersebut telah diterbitkan karena telah melalui tahap kajian kelayakan atau feasibility study (FS).

Baca juga: Tol Gilimanuk-Mengwi Masuk Tahap Studi Kelayakan, 2021 Mulai Dibangun

Dengan demikian, pembangunan tol tersebut dapat dilakukan setelah tahapan lelang pada Kuartal IV mendatang untuk selanjutan masuk tahapan financial close (pemenuhan pembiayaan).

Pembangunan tol ini merupakan bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata dan peningkatan konektivitas antar-wilayah di Bali.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Gilimanuk-Mengwi yang menjadi ruas kedua di Bali setelah Tol Bali Mandara adalah pengembangan wilayah di Bali bagian Barat.

Terutama, peningkatan konektivitas dari Pelabuhan Gilimanuk hingga ke Metropolitan Sarbagita yang kerap mengalami kemacetan.

Tidak hanya untuk pengembangan wilayah di Bali, menurut Basuki juga terkait dengan Jalan Tol Sumatera lalu Tol Trans Jawa yang akan terhubung hingga ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X