Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah 5.000 Rumah di Gorontalo, Rp 87,5 Miliar Dikucurkan

Kompas.com - 16/09/2020, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaa Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi 1 mengalokasikan anggaran senilai Rp 87,5 miliar untuk Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Gorontalo.

Anggaran tersebut digunakan untuk membedah 5.000 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah tersebut.

Penyaluran dana Program BSPS di Gorontalo terbagi menjadi dua yakni, BSPS Reguler Peningkatan Kualitas di Provinsi Gorontalo sebanyak 3.000 unit dan penyaluran National Affordable Housing Program (NAHP) Bank Dunia sebanyak 2.000 unit.

Penyaluran Program BSPS di Gorontalo tersebut tersebar di lima Kabupaten dan 1 Kota.

Rinciannya, Kabupaten Gorontalo 1.550 unit, Kabupaten Bone Bolango 879 unit, Kabupaten Pohuwato 520 unit, Kabupaten Gorontalo Utara 717 unit, Kota Gorontalo 553 unit, serta Kabupaten Bolaemo sejumlah 781 unit.

Baca juga: Per 26 Agustus, Realisasi Bedah Rumah Senilai Rp 3,2 Triliun

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I Hujurat mengtakan, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 17,5 juta per unit rumah kepada penerima bantuan BSPS.

Dana tersebut terdiri dari Rp 15 juta untuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Sedangkan untuk kegiatan pembangunan rumah baru sebesar Rp 35 juta yang terdiri dari Rp 30 juta untuk bahan bangunan dan Rp 5 juta untuk upah tukang.

Hujurat menegaskan, masyarakat penerima bantuan BSPS tak dipungut biaya sama sekali.

"Dalam penyaluran dana BSPS ini tidak adanya pungutan biaya sama sekali. Jadi, masyarakat bisa berswadaya dalam membangun rumahnya," ujar Hujurat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Ia berharap, program BSPS dapat memberikan dampak positif yang lebih besar kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk menyediakan kebutuhan rumah layak huni.

Dengan demikian, hal tersebut dapat mengurangi angka backlog rumah tidak layak huni di Provinsi Gorontalo, terutama Kabupaten Bolango.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com