WIKA Optimistis Kejar Tender Proyek Strategis

Kompas.com - 11/09/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi konstruksi Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRIlustrasi konstruksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA memiliki rencana untuk mengikuti tender proyek-proyek strategis di Tanah Air maupun mancanegara pada Semester II-2020.

Proyek tersebut antara lain jalan tol, kawasan industri, transportasi terpadu, bendungan, gedung, termasuk infrastruktur minyak dan gas.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya, menuturkan perusahaan kini masih melaksanakan pembangunan 11 proyek strategis nasional.

Baca juga: Begini Progres Proyek-proyek Infrastruktur WIKA

Dari proyek-proyek tersebut, sembilan di antaranya menunjukkan progres di atas 50 persen. Proyek tersebut yakni Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, Jalan Tol Serang Panimbang, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Pelabuhan Patimban, Termminal kijing.

Kemudian Bendungan Cipanas, Pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin, hingga PLTU Sulsel Baru 1x100 MW.

Mahendra mengatakan, hal ini secara implisit menunjukkan bahwa WIKA tetap fokus menjalankan aktivitas operasinya di tengah fase adaptasi kebiasaan baru.

"WIKA dapat menyelaraskan metode kerja, inovasi dan aktivitas operasi dengan situasi terkini secara konsisten dan prudent," ucap Mahendra melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (10/9/2020).

Mahendra melanjutkan, sejalan dengan digulirkannya fase adaptasi kebiasaan baru, perseroan optimis apat mengembalikan ritme bisnisnya.

Menurutnya, beberapa analis terkemuka seperti Bahana Sekuritas, UPB Kay Hian, Maybank Kim Eng masih merekomendasikan Buy untuk saham WIKA dengan upside rata-rata 27 persen per 9 September 2020.

Hal ini, menurut Mahendra, menunjukkan bahwa WIKA masih memiliki kapasitas untuk tetap tumbuh ke depan.

Sementara pada rasio keuangan, parameter kondisi gearing ratio WIKA pada kuartal-II 2020 berada pada posisi 1,26x (dari maksimal level covenant 2,5x), yang menunjukkan bahwa WIKA akan tetap beroperasi dengan baik dan siap untuk menangkap peluang di masa mendatang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X