Agar Mal Kembali Ramai Pengunjung, Ini Triknya...

Kompas.com - 31/08/2020, 14:39 WIB
Ilustrasi pusat perbelanjaan PIXABAY/hpgruesenIlustrasi pusat perbelanjaan

JAKARTA, KOMPAS.com Pandemi Covid-19 sejauh ini telah menginfeksi lebih dari 24 juta orang di seluruh dunia dan berpengaruh besar terhadap ritel dibandingkan sektor properti lainnya. 

Pandemi Covid-19 juga menyebabkan para peritel atau penyewa (tenants) mengalami peningkatan beban keuangan yang di sisi lain hanya mendapatkan sedikit pembeli.

Head of Research Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan, para penyewa dan pemilik mal perlu bersama-sama mengembalikan kepercayaan konsumen untuk datang kembali ke mal. 

"Contohnya, dengan memastikan penerapan protokol kesehatan serta menjaga keamanan dan kenyamanan yang sangat baik bagi mereka (konsumen)," kata Anton dalam laporannya yang dikutip Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Savills Indonesia merekomendasikan empat hal yang perlu dilakukan penyewa dan pemilik untuk menarik minat pengunjung datang ke mal:

1. Protokol kesehatan dan kebersihan sebagai standar mal

Ketika pengunjung menjadi lebih sadar akan kebersihan dan mulai mengadopsi gaya hidup sehat, pemilik juga perlu menerapkan protokol kesehatan di dalam mal sebagai standar dasar. 

Sebagai contoh, pengelola mal perlu membersihkan secara teratur area permukaan yang paling sering disentuh pengunjung, seperti gagang pintu, pegangan eskalator, tombol lift dan lain sebagainya. 

Pemilik juga perlu menyediakan tempat cuci tangan di beberapa sudut mal meski Pandemi Covid-19 nantinya telah dinyatakan berakhir.

2. Transformasi desain fisik mal

Ruang terbuka di mal.wsj.com Ruang terbuka di mal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X