Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofyan Djalil: RUU Cipta Kerja Sederhanakan Izin Buka Usaha

Kompas.com - 26/08/2020, 12:27 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pro dan kontra terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja atau omnibus law masih terus berlanjut.

Oleh sebab itu, salah satu Kementerian yang terlibat dalam penyusunan RUU Cipta Kerja yakni, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berupaya meluruskan informasi yang menjadi bahan perdebatan.

Menurut Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil, ada dua penyebab utama penolakan RUU Cipta Kerja yang diinisiasi Pemerintah.

"Pertama, karena tidak tahu isi RUU ini dan kedua karena kepentingannya terganggu," ujar Sofyan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Sofyan menegaskan, Pemerintah menginisasi RUU Cipta Kerja karena ingin menyederhanakan regulasi atau peraturan.

Baca juga: Sofyan Djalil: RUU Cipta Kerja Sinkronkan 79 Aturan Tumpang Tindih

Menurutnya, RUU Cipta Kerja dibuat untuk menyederhanakan 79 UU dan 1.203 pasal agar perekonomian Indonesia bisa tumbuh dengan cepat. 

Sofyan mengatakan, RUU Cipta Kerja dirancang untuk menyederhanakan izin agar para pengusaha bisa membuka usaha dengan mudah. 

"Saya yakin ini sangat bermanfaat, mahasiswa yang lulus akan mudah mendapat pekerjaan serta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan mudah membuka usaha," kata Sofyan.

Sementara, Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Andi Tenrisau mengatakan, RUU Cipta Kerja dibuat untuk menghapus sepenuhnya perizinan dan kemudian menimbulkan chaos tidaklah benar.

Dalam RUU Cipta Kerja, imbuh Andi, perizinan membuka usaha akan berbasis risiko yang dihitung dari tingkat dan potensi bahaya seperti, kesehatan, keselamatan, lingkungan, serta pemanfaatan sumber daya.

"Apabila risikonya tinggi, tentu harus tetap menggunakan izin, beda dengan yang risikonya rendah," tutur Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com