Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tuntaskan Rehabilitasi 75 Sekolah dan Madrasah di Lampung

Kompas.com - 27/07/2020, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan dan rehabilitasi 75 sekolah dan madrasah di Provinsi Lampung tahun ini.

Anggaran yang dikucurkan untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi tersebut senilai Rp 96,07 miliar.

Rinciannya, 20 sekolah di Kabupaten Lampung Barat membutuhkan biaya sebanyak Rp 24,2 miliar, Kabupaten Way Kanan 26 sekolah dengan biaya Rp 32,6 miliar dan 6 madrasah sebesar Rp 2,95 miliar, serta Kabupaten Pesisir Barat 23 sekolah dengan kebutuhan anggaran Rp 36,19 miliar.

Pekerjaan rehabilitasi tersebut dilakukan untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan, dengan prioritas untuk ditangani adalah yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Baca juga: Kualitas Konstruksi MTs Negeri 3 Pekanbaru Jadi Acuan Sekolah Nasional

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi fasilitas pendidikan tersebut merupakan instruksi Presiden Joko Widodo.

Instruksi tersebut berupa percepatan pembangunan dan rehabilitasi 10.453 sekolah, 1.000 madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) 41 PTN serta KDP 8 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Basuki seperti dikutip Kompas.com melalui laman Kementerian PUPR, Senin (27/7/2020).

Adapun, pekerjaan pembangunan dan rehabilitasi meliputi renovasi ruang kelas, kantor guru, perpustakaan, laboratorium, toilet, sarana sanitasi (septic tank dan tower air), mushola, kantin, lapangan olahraga, paving block, pagar sekolah, dan ruang kegiatan siswa (gedung pramuka).

Baca juga: Tata Kampung Tenun Ulos, Pemerintah Rehabilitasi Rumah Adat Gorga

Kegiatan rehabilitasi tersebut dilakukan bukan hanya untuk kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2019, tetapi juga pelaksanaan kegiatan tahun 2020.

Pada tahun 2019, Kementerian PUPR telah menyelesaikan rehabilitasi 52 sekolah (49 SD dan 3 SMP) dan 31 madrasah (16 Madrasah Ibtidaiyah, 11 Madrasah Tsanawiyah dan 3 Madrasah Aliyah) di 14 kabupaten/kota di Provinsi Lampung dengan anggaran Rp 117,69 miliar.

Salah satu sekolah yang telah rampung direhabilitasi adalah SDN 2 Kota Gajah yang terletak di Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah.

Rehabilitasi sekolah tersebut dilaksanakan sejak Agustus hingga Desember 2019 dengan anggaran Rp 2,69 miliar yang meliputi pekerjaan rehabilitasi kelas, ruang kelas baru, ruang UKS, laboratorium, musala, perpustakaan, toilet, ruang koperasi, kantin sekolah, pagar, drainase, serta ruang parkir.

Dalam pelaksanaan rehabilitasi sekolah dan madrasah, Kementerian PUPR berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait yakni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com