Tata Kampung Tenun Ulos, Pemerintah Rehabilitasi Rumah Adat Gorga

Kompas.com - 06/07/2020, 19:41 WIB
Basuki mengatakan, apabila Kampung Tenun Ulos Huta Raja dapat ditata serta dilengkapi dengan berbagai infrastruktur dasar, maka diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. 
Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBasuki mengatakan, apabila Kampung Tenun Ulos Huta Raja dapat ditata serta dilengkapi dengan berbagai infrastruktur dasar, maka diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai proses lelang pekerjaan Penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir.

Penataan ini disesuaikan dengan Daftar Isian Paket Anggaran (DIPA) senilai 2020-2021 sebesar Rp 57,9 miliar.

Kedua desa tersebut dikenal sebagai desa wisata yang kerap disambangi wisatawan.

Selain sebagai pusat tenun, di kawasan Huta Raja juga masih terdapat Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga.

Baca juga: Dukung KSPN Danau Toba, Konstruksi Alur Tano Ponggol 93,5 Persen

"Selain sebagai pusat tenun, beberapa Rumah Gorga yang sudah cukup tua menjadikannya sebagai kawasan pusaka," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (6/7/2020).

Basuki melanjutkan, rehabilitasi dilakukan terhadap 40 unit rumah. Ruang lingkup penataan mencakup perbaikan kondisi rumah dan lingkungannya.

Penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir.Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir.
Selain kondisi beberapa rumah yang sudah terdegradasi, sebagian rumah lainnya telah beralih wujud menjadi rumah modern.

"Ada beberapa rumah yang bentuknya telah beralih menjadi rumah modern, sehingga nantinya akan kita coba relokasi dan buat sepenuhnya menjadi Rumah Gorga," tutur Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga.

Baca juga: Telan Rp 1,5 Triliun, Pengembangan Danau Toba Tuntas Akhir 2020

Setelah direnovasi, rumah-rumah tersebut dapat digunakan sebagai homestay bagi wisatawan.

Diharapkan, dengan adanya rehabilitasi ini pelatihan tenun serta keahliannya dapat terus berlanjut.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X