Pemerintah Garap 4 PLBN Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Kompas.com - 13/07/2020, 11:42 WIB
PLBN Sei Pacang Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPLBN Sei Pacang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun empat Pos Lintas Batas Negara ( PLBN) Terpadu di Provinsi Kalimantan Utara.

Keempat PLBN tersebut yakni PLBN Terpadu Sei Pancang, PLBN Terpadu Long Midang dan PLBN Terpadu Labang di Kabupaten Nunukan serta PLBN Terpadu Long Nawang di Kabupaten Malinau.

Pembangunan keempat PLBN Terpadu di Provinsi Kalimantan Utara ini diatur dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Seluruh PLBN tersebut berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sabah dan Serawak di Malaysia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas batas negara, namun juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Baca juga: Tak Lama Lagi Sarana dan Prasarana PLBN Skouw Tuntas Dikerjakan

Dengan demikian, diharapkan kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Basuki seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (13/7/2020).

Pembangunan salah satu PLBN, yakni PLBN Terpadu Sei Pancang di Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan telah dimulai sejak 24 Februari 2020.

Konstruksinya ditargetkan rampung pada 17 Juli 2020. Hingga saat ini, progres pembangunan PLBN Sei Pancang mencapai 1,37 persen. Adapun nilai kontrak pembangunan mencapai Rp 226,18 miliar.

Bangunan utama akan dibuat setinggi tiga lantai seluas 5.613 meter persegi. Kemudian mess pegawai dibangun setinggi dua lantai dengan luas 1.904 meter persegi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X