Beli Lahan Milik Hanson, Hutama Karya Setor Tanda Jadi Rp 50 Miliar

Kompas.com - 15/05/2020, 14:13 WIB
Citra Maja Raya Ciputra ResidenceCitra Maja Raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), PT HK Realtindo, telah melaksanakan penandatangan Letter of Intent (LOI) atas rencana pembelian lahan di kawasan Maja, Lebak, Banten.

Menurut Senior Executive Vice President (SEVP) Sekretaris Hutama Karya Muhammad Fauzan,  perusahaan membeli lahan dari PT Harvest Time, cucu entitas PT Hanson International Tbk.

Rencananya, lahan tersebut akan digunakan untuk kawasan perumahan dan bisnis komersial sebagai penyangga Ibu Kota Jakarta.

"Kenapa kami melirik pengembangan di daerah Maja? Sebab, Maja merupakan salah satu dari 10 rencana pengembangan kota baru," ucap Fauzan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/5/2020).

Baca juga: Kasus Korupsi Jiwasraya: Hanson Bakal Meminta Kembali Sertifikat Tanah yang Disita Kejagung

Fauzan melanjutkan, kawasan tersebut akan dilengkapi dengan akses langsung ke Jakarta berupa Jalan Tol dan Transportasi Kereta Api.

Peluang bisnis yang dimiliki berpotensi sangat baik untuk mendukung program Pemerintah dalam pengembangan kawasan dan pemenuhan backlog perumahan.

Meski demikian, Fauzan menegaskan, tahap penandatanganan LOI ini belum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli melainkan sebagai surat minat atau keseriusan perusahaan untuk melakukan kerja sama.

Jika dari hasil kajian tersebut tidak mendukung rencana pembelian objek lahan, maka kedua belah pihak sepakat bahwa Hutama Karya tidak akan melakukan pembelian objek lahan dan membatalkan perjanjian.

Harvest Time juga wajib mengembalikkan uang minat objek lahan yang telah dibayarkan oleh Hutama Karya bersamaan dengan pengembalian jaminan oleh perusahaan kepada Harvest Time.

Dalam perjanjian rencana pembelian lahan tersebut hanya disebutkan bahwa perusahaan memiliki minat untuk membeli lahan sampai dengan seluas total 600 hektar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X