Survei: Jakarta Masih Menjadi Favorit Pencari Rumah

Kompas.com - 06/05/2020, 21:30 WIB
Ilustrasi Jakarta SHUTTERSTOCKIlustrasi Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta ternyata masih menjadi area favorit para pencari properti.

Survei bertajuk Consumer Sentiment Survey Semester H1-2020 yang dilakukan Rumah.com menemukan, dari total 1.000 responden, sebanyak 35 persen memilih Jakarta sebagai lokasi yang paling diminati.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan, pihaknya menanyakan ke konsumen daerah mana yang paling mereka minati.

"Jadi Jakarta masih the most favourite place bagi mereka untuk mendapatkan properti idaman," ujar Marine dalam konferensi video bertajuk Indonesia's Property Challenges and Opportunities in the Covid-19 Pandemic Era, Rabu (6/5/2020).

Dia menambahkan, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang menempati urutan kedua dengan porsi 25 persen.

Baca juga: Okupansi Hotel di Jakarta Saat Pandemi Cuma 48,9 Persen

Kemudian Bogor menyusul di urutan selanjutnya dengan angka 18 persen. Lalu Bekasi dan Depok, masing-masing dengan 13 persen dan 11 persen.

Marine menambahkan, jika dirinci lagi, area Jakarta Selatan menjadi kawasan yang paling menarik bagi responden, lalu diikuti Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan terakhir Jakarta Utara.

"Responden kami menyatakan Jakarta Selatan masih banyak urutan teratas. Lalu dikuti oleh Jakarta Timur, Barat, dan Utara," tutur dia.

Marine mengungkapkan, survei ini juga membeberkan rencana para responden dalam memiliki hunian.

Sebanyak 22 persen responden mengatakan, mereka berencana untuk memiliki rumah dalam waktu satu tahun ini.

Baca juga: Jakarta Nomor 24 Dunia Pertumbuhan Harga Rumah Mewah

Lalu sebanyak 40 persen lainnya menyatakan, mereka berniat melakukan pencarian dan pembelian rumah dalam waktu 1-2 tahun ke depan.

Sementara 23 persen lainnya menginginkan memiliki rumah dalam jangka waktu 3-5 tahun. Sisanya, yakni 15 persen menuturkan ingin membeli hunian dalam jangka waktu di atas 5 tahun.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X