Strategi Bisnis Komprehensif Melawan Krisis Covid-19

Kompas.com - 06/05/2020, 20:08 WIB
Pendekatan bisnis saat krisis Daya QarsaPendekatan bisnis saat krisis

When written in Chinese, the word “crisis” is composed of two characters. One represents danger and the other represents opportunity

John Fitzgerald Kennedy.

KRISIS  bisnis yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19 kini telah kasat mata. Menurut data resmi yang disampaikan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah pada 22 April, sebanyak 84.926 perusahaan sektor formal telah merumahkan 1,5 juta orang karyawannya.

Sementara di sektor informal, jumlahnya mencapai 31.000 lebih usaha yang terpaksa merumahkan 538.000 orang pegawainya.

Total pada April lalu saja, terdapat 116.000 bisnis dan 2 juta pegawai terdampak pandemi Covid-19.

Dampak pandemi Covid-19 memang di luar imajinasi paling liar sekali pun. Bahkan, seorang ekonom Tanah Air menyebut krisis ini adalah krisis tersulit sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

Pasalnya, ketika krisis moneter 1998 meletus, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu menjadi poros penyerap tenaga kerja. Namun kali ini, bahkan UMKM turut mati suri akibat pandemi.

Meski demikian, situasi tidak akan selamanya kelam. Pasti, akan selalu ada cahaya di ujung lorong krisis yang paling gelap sekalipun.

Salah satu indikasinya, walaupun tahun ini ekonomi Indonesia diprediksi anjlok, seirama dengan perekonomian global, namun sejumlah pihak telah memaparkan prediksi perbaikan ekonomi tahun depan.

Kementerian Keuangan Indonesia, Asian Development Bank (ADB), hingga Dana Moneter Internasional (IMF), memprediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh di atas 5 persen pada 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X