Viral Pekerja Bergaji Rp 80 Juta Bangkrut, Ini Cara Mengelola Keuangan

Kompas.com - 26/04/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi rumah dan kumpulan uang. SHUTTERSTOCK/CHIRAPHANIlustrasi rumah dan kumpulan uang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warganet sempat dihebohkan dengan salah satu cuitan dari Sihol melalui akun Twitter @_parsiholan_.

Cuitan tersebut berisi kisah temannya yang bergaji Rp 80 juta per bulan, namun rumah tangganya langsung berantakan. Padahal, temannya ini baru dua bulan dirumahkan.

Berikut cuitan Sihol yang diunggah pada Kamis, 23 April 2020, yang telah disukai 27.300 orang, dicuit ulang 10.400 orang, dan menuai 1.800 komentar:

Beberapa komentar menarik di antaranya bagaimana pandemi Covid-19 mengajarkan hidup harus dikelola dengan baik. 

Baca juga: Investasi Batu Akik atau Rumah?

Salah satunya menabung dan berinvestasi, seperti yang dikatakan oleh @Dewidwiirawati4. Dia dapat merasakan bagaimana dirumahkan, sementara pada waktu yang sama Dewi harus membiayai hidup kedua orangtuanya.

"Pandemi ini memang mengajari banyak hal yaitu menabung," kata Dewi.

Pendapat Dewi ada benarnya. Bahkan, dengan gaji Rp 80 juta per bulan, kita bisa mengalokasikannya sebagian untuk berinvestasi rumah, emas, maupun saham.

Meskipun, ketiga instrumen investasi tersebut punya sisi kekurangan, namun keuntungannya bisa menutupi jika kita dalam kondisi darurat seperti krisis Covid-19 sekarang.

Lead Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto mengatakan, ada keuntungan dan kekurangan dari ketiga investasi tersebut.

"Properti dan emas logam mulia itu ada fisiknya. Jadi, secara psikologis orang merasa 'aman'," ungkap Ligwina kepada Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X