Jangan Investasi Properti jika 5 Hal Ini Tak Terpenuhi

Kompas.com - 23/11/2019, 14:00 WIB
5 faktor yang harus diperhatikan saat investasi properti.



Shutterstock5 faktor yang harus diperhatikan saat investasi properti.

KOMPAS.com - Dengan tren dan proyeksi harga yang selalu naik, properti adalah salah satu instrumen investasi yang selalu diminati.

Karakteristik properti memang tidak secair instrumen-instrumen lain seperti saham, Surat Utang Negara (SUN), atau logam mulia. Walaupun begitu, properti juga punya daya tariknya tersendiri.

Selain bisa ditempati sendiri oleh Anda atau keluarga, risiko kerugian investasi properti juga lebih minim daripada instrumen-instrumen lain yang lebih cair.

Daya tarik pendapatan pasif yang ditawarkan investasi properti juga menarik banyak orang untuk melakukannya.

Apabila punya banyak unit, bukan tidak mungkin Anda bisa hidup hanya dengan menyewakan properti-properti yang Anda miliki. Yang mana permintaannya juga terus-menerus naik.

Namun, bukan berarti tidak ada risiko dan faktor-faktor yang perlu diteliti dengan saksama saat akan berinvestasi properti.

Bila tidak dieksekusi dengan baik, bukan tidak mungkin Anda malah merugi alih-alih mendapat untung.

Anda perlu memperhatikan faktor-faktor berikut ini saat akan memulai berinvestasi properti:

1. Lokasi dan Fasilitas Properti

Serupa dengan memilih properti untuk ditinggali, faktor-faktor seperti lokasi, aksesibilitas, dan fasilitas di lingkungan sekitar juga krusial untuk investasi properti.

Terlebih saat Anda berencana untuk menyewakannya. Lokasinya harus bebas dari bencana alam, punya akses jalan dan transportasi umum yang memadai, dekat dengan sekolah, rumah sakit, pusat hiburan, dan keramaian lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X