Hari Pertama Pemberlakuan Pengendalian Transportasi, Trafik Tol Turun

Kompas.com - 25/04/2020, 18:54 WIB
Pelaksanaan pengendalian transportasi di jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Pelaksanaan pengendalian transportasi di jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat penurunan lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di sejumlah Gerbang Tol ( GT) yang dikelola semenjak diberlakukannya pengendalian transportasi, Jumat (24/4/2020).

Pengendalian transportasi diberlakukan untuk mencegah masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2020 sekaligus memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan penurunan lalu lintas tersebut terjadi di GT Cikampek Utama 1 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, GT Cikupa Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dan GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi.

"Di GT Cikampek Utama 1 Jalan Tol Jakarta-Cikampek terdapat 11.355 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur (Jalan Tol Trans Jawa) atau turun sebanyak 59 persen dari hari sebelumnya," kata Heru dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Jasa Marga Tutup Sementara Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Kemudian, GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang terdapat 9.977 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur (Bandung/Cileunyi) atau turun 40 persen dari hari sebelumnya.

Selanjutnya, GT Cikupa Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak mengalami penurunan sebanyak 20.333 kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat atau turun 37 persen dibanding hari sebelumnya.

Sementara di GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 12.134 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan atau diketahui turun sebanyak 36 persen dari hari sebelumnya.

"Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk menaati peraturan yang ditetapkan Pemerintah terkait pelarangan mudik ini," ucap Heru.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X