Kompas.com - 25/04/2020, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres konstruksi Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) mencapai 72 persen per Jumat (17/4/2020).

Dari tiga lintas pelayanan, Lintas Pelayanan I Cawang-Cibubur mencatat perkembangan paling besar yakni mencapai 88 persen.

Kemudian, Lintas Pelayanan II Cawang-Dukuh Atas sudah berada pada angka 67 persen dan Lintas Pelayanan III Cawang-Bekasi Timur mencapai 64 persen.

Dengan demikian, ketiga lintas pelayanan tersebut hampir tersambung.

Salah satu kendala yang ditemui oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor proyek LRT Jabodebek adalah pengerjaan Depo yang masih dalam proses pembebasan lahan oleh Pemerintah.

Baca juga: Arvilla Delitriana Ungkap Sulitnya Buat Long Span LRT

General Manager Perkeretaapian PT Adhi Karya Isman Widodo menyampaikan hal tersebut pada Kamis (23/4/2020).

"Selain itu juga perlu diketahui pada Lintas Pelayanan III (Cawang-Bekasi Timur) sebesar 64 persen dikarenakan lokasi Lintas III meliputi jalur dan depo. Depo sendiri saat ini masih dalam proses pembebasan lahan," ungkap Isman seperti dikutip dari Antara TV, Sabtu (25/4/2020).

Pembebasan lahan yang masih diproses dan mundurnya jadwal pembangunan depo, maka proyeksi pengerjaan fisik direncanakan rampung pada akhir tahun 2021.

Selanjutnya, tahap pengujian diperkirakan selesai pada Maret tahun 2022 dengan dilanjutkan pengujian kereta api selama 3 bulan.

Dengan begitu, LRT Jabodebek diperkirakan resmi beroperasi pada tahun 2022 mendatang.

Adapun rincian stasiun LRT Jabodebek yang akan dibangun meliputi, Lintas Pelayanan I Cibubur-Cawang yakni, Stasiun Harja Muktim Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Taman Mini, dan Stasiun Cawang.

Lintas Pelayanan II Bekasi Timur-Cawang yakni Stasiun Jati Bening Baru, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, Stasiun Bekasi Barat, Stasiun Jati Mulya.

Terakhir, Lintas Pelayanan III Cawang-Dukuh Atas meliputi, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cikoko, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setiabudi, dan Stasiun Dukuh Atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.