KILAS

Resmikan RS Darurat Covid-19, Presiden Jokowi Harap Sore Ini Sudah bisa Terima Pasien

Kompas.com - 23/03/2020, 17:15 WIB
Jokowi saat meninjau RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Senin (23/3/2020). DOK. Humas Kementerian PUPRJokowi saat meninjau RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Senin (23/3/2020).

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meninjau ruang IGD, ICU, rawat inap, serta beberapa fasilitas Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran.

Peninjauan dilakukan setelah Jokowi meresmikan operasional RS Darurat Covid-19, Senin (23/3/2020).

Jokowi berharap, rumah sakit yang dibangun dalam jangka waktu empat hari tersebut dapat digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

“Saya harap sore ini RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran ini sudah bisa menerima pasien positif maupun suspect Covid-19 yang mengidap gejala ringan dan menengah,” kata Jokowi, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan RS Darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran

Jokowi menambahkan, para pasien RS Darurat Covid-19 harus mendapat rujukan dari rumah sakit yang ditunjuk pemerintah.

Pengadaan APD

Terkait pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan hand sanitizer, menurut Jokowi saat ini sekitar 180 negara mengalami kekurangan peralatan tersebut.

Meski begitu Jokowi mengatakan, pekan lalu pemerintah telah menyiapkan 105.000 set APD untuk didistribusikan ke rumah sakit di sejumlah provinsi Indonesia.

Adapun rincian pembagian APD antara lain 45.000 set untuk DKI Jakarta, Bogor, dan Banten. Kemudian 40.000 set untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Tenaga Medis Keluhkan APD Langka, Jokowi: 180 Negara Berebutan

Sementara itu, 10.000 set akan didistribusikan ke seluruh provinsi yang membutuhkan dan 10.000 set disiapkan untuk cadangan.

Jokowi menambahkan, pemerintah juga telah menyiapakan 12 ton logistik kesehatan yang akan segera didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X