Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin 23 Maret, RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Siap Terima Pasien

Kompas.com - 22/03/2020, 13:14 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, siap dioperasikan dan menerima pasien terindikasi dan terinfeksi virus Corona pada Senin (23/3/2020).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan tersebut saat meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: RS Darurat Wisma Atlet Diperuntukkan bagi Pasien Covid-19 Kondisi Ringan

Basuki menjelaskan, pemanfaatan empat menara Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 merupakan salah satu kesiapan pemerintah menghadapi virus corona.

Kementerian PUPR ditugaskan mengerjakan tiga komponen pekerjaan yakni
pertama pembersihan yang saat ini sudah rampung 100 persen.

Kedua, penyemprotan seluruh bangunan baik indoor maupun outdoor dengan desinfektan.

Ketiga modifikasi bangunan di Tower 1, 3, 6, dan 7,  yang dilengkapi laboratorium farmasi, dan peralatan medis portable. Modifikasi bangunan keempat menara ini juga sudah selesai 100 persen.

"Peralatan kesehatan yang dipasok Kementerian BUMN siang ini akan diinstal. Sore gladi bersih. Semoga Senin besok, insya Allah siap dioperasikan oleh TNI," ujar Basuki.

Mengintip ruang rawat inap RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet KemayoranKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Mengintip ruang rawat inap RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran
Sementara untuk pekerjaan Tempat Observasi dan Isolasi Penyakit Infeksi Menular di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, sudah mencapai 80 persen.

Fasilitas kesehatan darurat tersebut ditargetkan dapat melayani pasien pada 28 Maret 2020.

Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto menanbahkan seluruhnya siap dioperasikan, setelah semua peralatan lengkap dipasang dan segera dapat digunakan untuk menerima pasien terjangkit Covid-19.

"Seluruhnya terdapat 2.500 tempat tidur di Tower 6 dan 7 yang siap menampung pasien dilengkapi AC. Selain itu terdapat pula ruang ICU dan non-ICU," terang Hadi.

Tak hanya Wisma Atlet Kemayoran, dan Pulau Galang, Hadi menuturkan, rumah-rumah sakit milik BUMN, TNI/Polri, RSUD, rumah sakit swasta di pusat dan daerah juga dipersiapkan untuk mendukung penanganan Covid-19.

Terdapat 119 RS TNI dan Polri dikerahkan, mulai dari tingkat pusat, hingga daerah tingkat I dan II di seluruh Indonesia, sudah dan sedang dipersiapkan sebagai ruang isolasi.

Hadi memastikan, minimal ada 10 hingga 30 tempat tidur di setiap rumah sakit untuk menangani pasien yang terjangkit virus Corona.

"Jadi, apabila masyarakat ada gejala Covid-19 bisa langsung datang ke rumah sakit-rumaah sakit ini," ucap Hadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com