Persingkat Waktu Tempuh, Tol Sibanceh Bisa Dilintasi April Mendatang

Kompas.com - 23/03/2020, 15:07 WIB
Tol Sigli-Banda Aceh Dok. Hutama KaryaTol Sigli-Banda Aceh

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang mencapai 99 persen. Diharapkan, pada April 2020 dapat digunakan masyarakat.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan mengatakan, Seksi 4 dari tol pertama di Aceh ini dirancang sepanjang 13,5 kilometer.

"Hingga saat ini, progres konstruksi pembangunan tol Sibanceh seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang) sepanjang 13,5 kilometer mencapai 99 persen," tutur Fauzan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Pembebasan Lahan Mulus, Tol Banda Aceh-Sigli Operasional 2021

Jalan tol yang menghubungkan Kota Sigli dan Banda Aceh ini terdiri dari 6 seksi, yaitu Seksi 1 Padang Tiji-Seullimum sepanjang 24,3 kilometer, Seksi 2 Seulimum-Jantho sepanjang 7,6 kilometer, Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 kilometer.

Kemudian Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 5 kilometer.

Adapun total panjang jalan tol ini adalah 74 kilometer. Menurut Fauzan, keseluruhan seksi Tol Sibanceh ditargetkan rampung pada tahun 2021.

Fauzan menuturkan, hadirnya Jalan Tol Sibanceh ini dapat mempersingkat waktu tempuh antar kedua kota menjadi hanya 1 jam. Sebelumnya, jika melewati jalan nasional, perjalanan memakan waktu 2-3 jam.

Dalam membangun jalan ini, Hutama Karya menggandeng PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X