Pembebasan Lahan Mulus, Tol Banda Aceh-Sigli Operasional 2021

Kompas.com - 21/02/2020, 22:54 WIB
Gerbang Tol Blang Bintang, bagian dari Ruas Tol Banda Aceh-Sigli akan berooerasi secara fungsional pada mudik Lebaran 2020. Kompas.com/Hilda B AlexanderGerbang Tol Blang Bintang, bagian dari Ruas Tol Banda Aceh-Sigli akan berooerasi secara fungsional pada mudik Lebaran 2020.

ACEH BESAR, KOMPAS.com - Pembebasan lahan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli berlangsung mulus. Menyusul antusiasme masyarakat untuk mendukung jalan bebas hambatan yang dirancang sepanjang 74 kilometer ini.

Demikian penilaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau proyek Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 Blang Bintang-Indrapuri, Jumat (21/2/2020).

"Alhamdulillah jalan tol Banda Aceh menuju Sigli sepanjang 74 kilometer pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik. Dirut PT Hutama Karya menyampaikan pembebasan lahan (Seksi 4) sudah rampung, justru tinggal konstruksinya yang tertinggal," tutur Jokowi.

 

Jokowi mengharapkan pekerjaan konstruksi Tol Banda Aceh-Sigli dapat selesai sesuai target pada 2021.

Baca juga: Tol Selesai, Pekanbaru-Dumai Cuma 1,5 Jam

Menurut Jokowi, lancarnya pembebasan lahan karena kontribusi semua pihak, terutama Pemerintah Daerah baik tingkat provinsi maupun kota/kabupaten dan peran kontraktor pelaksana.

"Ini baru 14 bulan berjalan termasuk cepat, Insya Allah seksi 4 Tol Banda Aceh-Sigli pada libur Lebaran 2020 sudah bisa dipakai," imbuh Jokowi.

Mengutip data monitoring Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT), saat ini progres konstruksi jalan tol yang dibangun sejak akhir 2018 dengan skema penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero) tersebut secara keseluruhan adalah 29,76 persen.

Presiden Joko Widodo meninjau proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Banda Aceh-Sigli ditemani Direktur PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, Jumat (21/2/2020). Seksi 4 Ruas Banda Aceh-Sigli ditargetkan beroperasi pada Lebaran 2020.Kompas.com/Hilda B Alexander Presiden Joko Widodo meninjau proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Banda Aceh-Sigli ditemani Direktur PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, Jumat (21/2/2020). Seksi 4 Ruas Banda Aceh-Sigli ditargetkan beroperasi pada Lebaran 2020.
Khusus Seksi 4 Blang Bintang-Indrapuri sepanjang 13,5 kilometer, progres konstruksinya mencapai 77,85 persen dan ditargetkan rampung sebelum Idul Fitri 2020.

"Diharapkan Seksi 4 dapat operasional, tapi sekurang-kurangnya dapat fungsional tanpa tarif pada Lebaran 2020," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit

Dengan rampungnya Seksi 4 tersebut dapat mempermudah akses dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X