Optimisme di Tanah Sumatera, 1.000 Km Jalan Tol Rampung Tahun Ini

Kompas.com - 21/02/2020, 07:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Kepala BPJT Danang Parikesit meninjau proyek Tol Pekanbaru-Dumai yang ditargetkan beroperasi pada April 2020. Hilda B Alexander/Kompas.comMenteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Kepala BPJT Danang Parikesit meninjau proyek Tol Pekanbaru-Dumai yang ditargetkan beroperasi pada April 2020.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Optimisme menyeruak di Tanah Sumatera, saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Bakauheni meninjau proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai.

"Insya Allah, Tol Pekanbaru-Dumai akan diresmikan Pak Presiden (Joko Widodo) sekitar April atau sebelum Lebaran. Jadi, saat mudik sudah operasional," ujar Basuki menjawab Kompas.com, Kamis (20/2/2020).

Dengan beroperasinya ruas sepanjang 131 kilometer tersebut, menambah panjang JTTS operasional menjadi sekitar 479,27 kilometer.

Baca juga: Basuki Pastikan Tol Pekanbaru-Dumai Siap Dilintasi Saat Mudik Lebaran

Panjang tol ini dihitung dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (140,7 kilometer), Pematang Panggang-Kayu Agung (189,2 kilometer), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7A dan 7B (9,3 kilometer), dan Medan-Binjai segmen Helvetia-Tanjung Mulia (9,07 kilometer).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, sampai akhir tahun 2020 ini, JTTS operasional ditargetkan sepanjang 1.000 kilometer

Kontribusi berasal dari Kayu Agung-Palembang, Aceh-Sigli segmen Indrapuri-Blang Bintang, Pekanbaru-Padang segmen Padang-Sicincin, Tebingtinggi-Indrapura, dan Veteran-Tanjung Mulia.

Melihat progres fisik demikian, Danang yakin JTTS akan tuntas pada 2024 sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pasalnya, terdapat lima Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) baru yakni untuk ruas Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi, Jambi-Betung, Tanjung Api-api, dan Batam yang akan diteken pada 2021.

Baca juga: Basuki Janjikan DOM untuk Dirut HKI Jika Penuhi Target Operasional Tol Permai

"Jika penandatanganan lima PPJT tersebut tuntas pada tahun tersebut, kami yakin JTTS rampung 2024," imbuh Danang.

Danang menghitung penyelesaian bisa dalam waktu tiga tahun dengan asumsi pengadaan lahan mulus, dan skema pembiayaan disetujui Menteri Keuangan yang diharapkan berjalan bersamaan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X