Tol Selesai, Pekanbaru-Dumai Cuma 1,5 Jam

Kompas.com - 21/02/2020, 16:03 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menijau Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Jumat (21/2/2020). Dalam tinjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko. Kompas.com/Hilda B AlexanderPresiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menijau Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Jumat (21/2/2020). Dalam tinjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai, Jumat (21/2/2020).

Menurut Jokowi, jika ruas sepanjang 131 kilometer tersebut selesai dan beroperasi pada April 2020, perjalanan Pekanbaru-Dumai dapat ditempuh dalam waktu hanya 1,5 jam.

"April ruas ini bisa digunakan dan bisa memangkas waktu tempuh dari sebelumnya 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam," kata Jokowi.

JTTS dirancang sepanjang 2.974 kilometer. Dari total panjang jalan tersebut, 469 kilometer atau 6 ruas di antaranya sudah beroperasi.

Baca juga: Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Rp 900 Per Kilometer

Sementara 495 kilometer masih dalam tahap konstruksi atau 9 ruas, dan 740 kilometer atau 5 ruas dalam persiapan konstruksi dan tahap lelang.

Adapun rencana pembangunan hingga akhir 2020 sepanjang 1.270 kilometer atau sebanyak 11 ruas.

Dengan demikian, diharapkan pada 2024 mendatang seluruh JTTS tersambung dari Lampung hingga Aceh.

Menurut Jokowi, meskipun indikator tingkat efisiensi investasi atau internal rate of return  (IRR) masih rendah yakni sekitar 8-9 persen, namun JTTS harus dibangun dan diselesaikan.

"Kalau tidak dimulai sekarang dan harus menunggu IRR hingga di atas 12 persen, daya saing kita tidak akan meningkat," ujar Jokowi.

Baca juga: Basuki Pastikan Tol Pekanbaru-Dumai Siap Dilintasi Saat Mudik Lebaran

Tersambungnya JTTS menjadikan mobilitas barang dan jasa akan berjalan lebih cepat, sehingga daya saing atau competitiveness pun ikut meningkat.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X