4 Venue Siap Digunakan Perhelatan PON XX Papua

Kompas.com - 08/03/2020, 22:39 WIB
Stadion Papua Bangkit, Papua. Biro Komunikasi Kementerian PUPRStadion Papua Bangkit, Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat arena olahraga atau venue untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020, siap digunakan.

Keempat venue tersebut adalah arena akuatik dan Istora Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, dan arena kriket dan lapangan hoki indoor dan outdoor di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan hal itu dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (8/3/2020).

Dia mengatakan, penyelesaian pembangunan venue olahraga ditargetkan tepat waktu guna mendukung pelaksanaan PON XX yang berlangsung selama 20 Oktober-2 November 2020.

Percepatan pembangunan fisik dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2). 

Baca juga: Stadion Papua Bangkit Masuk Nominasi Stadium of The Year

"Pembangunan prasarana dan sarana olahraga untuk PON XX harus sangat cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan dan pengawasannya," kata Basuki.

Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto menambahkan, seluruh fasilitas olahraga dan pendukung akan siap dan bisa digunakan tes event.

"Tes event  untuk memastikan apakah venue ini layak atau tidak untuk digunakan," jelas Iwan.

Arena akuatik di Kompleks Stadion Papua Bangkit.Biro Komunikasi Kementerian PUPR Arena akuatik di Kompleks Stadion Papua Bangkit.
Kesiapan venue tersebut juga dipastikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang ikut meninjau proses pembangunan arena olahraga dan fasilitas pendukungnya.

"Venue PON tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan warga Papua, namun juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," ujar Bambang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X