Hotel Karantina Pasien Corona di China Runtuh, 4 Orang Tewas

Kompas.com - 08/03/2020, 13:16 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Sebuah hotel yang digunakan sebagai pusat karantina corona di China runtuh pada Sabtu (7/3/2020) pukul 19.30 waktu setempat.

Bangunan Xinjia Express Hotel di Quanzhou itu difungsikan sebagai pusat observasi bagi warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien corona.

Melansir laman Channel News Asia, Minggu (8/3/2020), sebanyak 67 orang terperangkap saat bangunan lima lantai di Provinsi Fujian itu runtuh, sementara empat orang dinyatakan meninggal dunia.

Hingga Minggu pagi waktu setempat, sebanyak 48 orang berhasil dievakuasi dari reruntuhan.

Baca juga: Tak Terpengaruh Corona, Pondok Indah Mall Bak Pasar Malam

"Saya baru saja makan malam dan tiba-tiba saya mendengar suara keras dan mengira itu adalah ledakan," kata seorang pria yang tinggal di seberang gedung, seperti dilansir dari South China Morning Post.

Setelah kejadian runtuhnya hotel, sejumlah 848 petugas pemadam kebakaran, 169 mobil pemadam, dan 7 ekor anjing pencari dikerahkan untuk misi penyelamatan korban.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Fujian. Tim bekerja sepanjang malam untuk mengeluarkan orang-orang dari gedung.

Fasad hotel tampaknya telah runtuh ke tanah, dan hanya memperlihatkan kerangka baja bangunan.

Hotel ini dibuka pada Juni 2018 dan merupakan satu dari dua bangunan yang digunakan sebagai pusat karantina di distrik Licheng, Kota Quanzhou.

Quanzhou berjarak sekitar 965 kilometer dari Wuhan, pusat penyebaran virus corona di China. Hingga saat ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Selain itu, belum ada kepastian apa penyebab bangunan itu tiba-tiba ambruk.

Kecelakaan konstruksi di China bukanlah hal baru. Pada tahun 2016 misalnya, serangkaian bangunan bertingkt runtuh di Kota Wenzhou. Akibatnya, sebanyak 20 orang tewas.

Selain itu, sebuah bangunan komersil yang sedang direnovasi di Shanghai juga ambruk pada tahun lalu. Kejadian ini mengakibatkan 10 orang meninggal dunia.

 

 

Catatan redaksi: judul artikel ini telah mengalami penyuntingan. Sebelumnya tertulis 10 orang tewas. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X