Potato Head Studios, Resor Pertama di Bali yang Terbuka untuk Publik

Kompas.com - 08/03/2020, 18:11 WIB
Potato Head Studios OMAPotato Head Studios

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mayoritas resor menutup rapat propertinya bagi publik, alias serba eksklusif, berbeda dengan Potato Head Studios Seminyak.

Resor yang berada di pinggir Pantai Seminyak, Bali, ini menawarkan konsep berbeda. Pengelola menyiapkan ruang publik yang bisa digunakan oleh semua orang dan bukan hanya bagi para tamu hotel.

Banguanan resor ini dirancang oleh firma terkenal dunia, Studio OMA, bekerja sama dengan arsitek lokal Andra Matin.

Melansir laman OMA, Minggu (8/3/2020) desain bangunan menantang tipologi resor yang khas yakni eksklusivitas.

Baca juga: Bisnis Vila di Bali Masih Diminati

Potato Head Studios dirancang dengan mempertimbangkan konteks Indonesia.

Istimewanya, proyek yang selesai pada Februari 2020 ini adalah hotel pertama di Bali yang menawarkan ruang publik untuk masyarakat setempat.

 

Potato Head Studios OMA Potato Head Studios
Kompleks resor ini terdiri dari tiga buah bangunan. Satu dari ketiganya adalah Desa Potato Head, sebuah resor layaknya desa yang mencakup klub dan dua hotel.

Kemudian Potato Head Studios yang merupakan resor khusus bagi publik. Di dalamnya terdapat ruang eksibisi dan ruang-ruang terbuka.

Baca juga: Bisnis Hotel Bali Hadapi Tantangan Berat, Sampah dan Lingkungan

Ruangan terbuka itu merupakan pusat dari bangunan resor serta menjadi panggung yang dapat digunakan untuk berbagai acara, seperti perayaan, festival, acara budaya, dan kegiatan rekreasi sehari-hari.

Bangunan ini juga merupakan ruang baru bagi komunitas di mana pengunjung, baik tamu hotel dan masyarakat umum, dapat menikmati budaya Bali kontemporer disetiap sudutnya.

Potato Head Studios OMA Potato Head Studios
Lalu bagian atap dirancang sebagai ruang publik yang dilengkapi dengan taman berisi hasil karya pahatan seniman.

Ruangan ini dapat diakses melalui jalan yang disiapkan khusus bagi publik yang mengarah ke kompleks terapung.

Selanjutnya resor ini juga dilengkapi dengan lapangan terbuka pada bagian dasarnya. Pada bagian ini, arsitek menambahkan taman khas Bali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X