Bisnis Properti Orang Terkaya Indonesia (II)

Kompas.com - 09/12/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi gedung SHUTTERSTOCKIlustrasi gedung

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberitaan mengenai daftar orang terkaya selalu mendapat perhatian. Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Dalam daftar itu, Hartono bersaudara, R Budi Hartono dan Michael Hartono masih berada di posisi puncak.

Di luar bisnis rokok, Grup Djarum melakukan diversifikasi bisnis dalam berbagai bidang, seperti perkebunan dan hutan tanaman industri (HTI), e-commerce, dan bisnis elektronik, dan properti.

Bukan hanya Hartono bersaudara yang melakukan diversifikasi bisnis di sektor properti, beberapa pengusaha juga melakukan langkah serupa.

Sebelumnya, Kompas.com juga mencatat daftar bisnis properti orang terkaya Indonesia yang masuk dalam 10 besar. Daftar tersebut dapat Anda lihat pada tautan berikut.

Baca juga: Bisnis Properti Orang Terkaya Indonesia (I)

Selain nama-nama tersebut, berikut daftar bisnis properti yang dimiliki orang-orang terkaya di republik ini.

Mochtar Riady

Pendiri Lippo Group ini mencatatkan kekayaan sebesar 2,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 29,4 triliun. Peringkat Mochtar Riady sendiri masih tetap sama seperti tahun lalu yakni di urutan ke-12.

Saat ini bisnis Lippo Group meliputi real estate, kesehatan, media, ritel, hingga pendidikan. Khusus properti, asetnya tersebar di Jakarta, Bekasi, Manado, Makassar, Surabaya, Palembang, dan kota-kota lainnya.

Di sektor tersebut, Lippo Group melalui PT Lippo Karawaci Tbk, melakukan diversifikasi usaha yang terintegrasi berupa kota mandiri, hunian rumah dan apartemen, rumah sakit, hotel, mal, serta pengelolaan kawasan industri.

Beberapa proyeknya antara lain Lippo Village, Lippo Cikarang, Tanjung Bunga di Makassar, Hilland Village di Manado, San Diegi Hills Memorial Park.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X