Bisnis Properti Orang Terkaya Indonesia (I)

Kompas.com - 09/12/2019, 12:13 WIB
Ilustrasi properti www.shutterstock.comIlustrasi properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Dari daftar ini, Hartono bersaudara, R Budi Hartono dan Michael Hartono di posisi teratas.

Kekayaan mereka tercatat bertambah sebesar 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 70 miliar menjadi Rp 134,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.886,8 triliun

Di luar bisnis rokok, Grup Djarum melakukan diversifikasi bisnis dalam berbagai bidang, seperti perkebunan dan hutan tanaman industri (HTI), e-commerce, dan bisnis elektronik.

Bukan itu saja, Grup Djarum juga memiliki bisnis properti dan perhotelan, seperti Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski, Kempinski Residence, serta Grand Indonesia Shopping Town.

Adapun proyek lainnya antara lain mal Daan Mogot, WTC Mangga Dua, Grand Indonesia, Karawang Residence, dan Padma Hotel Karawang.

Selain Hartono bersaudara, berikut daftar bisnis properti orang terkaya Indonesia lainnya:

Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja menempati posisi kedua dengan total kekayaan bersih sebesar 9,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 134,65 triliun. Pemilik Sinarmas Group ini memiliki bisnis yang beragam mulai dari bisnis kertas hingga jasa keuangan.

Namun khusus di bidang properti, imperium bisnis tersebut mengembangkan kota mandiri, di antaranya BSD City, Grand Wisata, Kota Deltamas, Kota Wisata.

Lebih lanjut, Sinarmas juga memiliki sejumlah proyek residensial seperti Klaska Residence, Banjar Wijaya, Wisata Bukit Mas, Bale Tirtawana, Legenda Wisata, Telaga Golf Sawangan.

Ada pula Taman Permata Buana, Hylands, NavaPark, Nuvasa Bay, Grand City, The Elements, Southgate, The Nove, Savasa, Aerium Residence.

Portofolio perusahaan lainnya adalah Li Shui Jin Du dan Li Shui Yang. Keduanya proyek residensial tersebut berlokasi di Chengdu dan Shenyang, China.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X