Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2019, 12:13 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Dari daftar ini, Hartono bersaudara, R Budi Hartono dan Michael Hartono di posisi teratas.

Kekayaan mereka tercatat bertambah sebesar 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 70 miliar menjadi Rp 134,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.886,8 triliun

Di luar bisnis rokok, Grup Djarum melakukan diversifikasi bisnis dalam berbagai bidang, seperti perkebunan dan hutan tanaman industri (HTI), e-commerce, dan bisnis elektronik.

Bukan itu saja, Grup Djarum juga memiliki bisnis properti dan perhotelan, seperti Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski, Kempinski Residence, serta Grand Indonesia Shopping Town.

Adapun proyek lainnya antara lain mal Daan Mogot, WTC Mangga Dua, Grand Indonesia, Karawang Residence, dan Padma Hotel Karawang.

Selain Hartono bersaudara, berikut daftar bisnis properti orang terkaya Indonesia lainnya:

Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja menempati posisi kedua dengan total kekayaan bersih sebesar 9,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 134,65 triliun. Pemilik Sinarmas Group ini memiliki bisnis yang beragam mulai dari bisnis kertas hingga jasa keuangan.

Namun khusus di bidang properti, imperium bisnis tersebut mengembangkan kota mandiri, di antaranya BSD City, Grand Wisata, Kota Deltamas, Kota Wisata.

Lebih lanjut, Sinarmas juga memiliki sejumlah proyek residensial seperti Klaska Residence, Banjar Wijaya, Wisata Bukit Mas, Bale Tirtawana, Legenda Wisata, Telaga Golf Sawangan.

Ada pula Taman Permata Buana, Hylands, NavaPark, Nuvasa Bay, Grand City, The Elements, Southgate, The Nove, Savasa, Aerium Residence.

Portofolio perusahaan lainnya adalah Li Shui Jin Du dan Li Shui Yang. Keduanya proyek residensial tersebut berlokasi di Chengdu dan Shenyang, China.

Kemudian di bidang komersial serta industrial, perusahaan mengembangkan Karawang International Industrial City, Greenland International Industrial Center (GIIC), Taman Tekno BSD City, Sinar Mas Land Plaza di Jakarta, Surabaya, dan Medan, Wisma Eka Jiwa, Wisma BCA di BSD City.

Lalu BSD Green Office Park, Orchard Towers di Singapura, Indonesia Convention Exhibition, My Republic Building, Buil to Suit, Warwick House, Alphabeta Building, serta 33 Horseferry Road di London.

Selain itu, perusahaan juga mengambangkan proyek-proyek di bidang ritel antara lain International Trade Center (ITC) yang tersebar di beberapa tempat di Jakarta, AEON Mall, Foresta Business Loft, Plaza Indonesia, Epiwalk Lifestyle Centre, BSD Junction, QBig BSD City.

Adapun di sektor perhotelan, perseroan mengembangkan beberapa proyek seperti Le Grandeur di Jakarta dan Balikpapan, Palm Resort Johor, Grand Hyatt, Hotel Santika Premier.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com