Kolega, Merajut Dinamika Kreativitas Indonesia

Kompas.com - 09/08/2018, 07:00 WIB
Ruang kerja komunal Kolega. Dokumentasi KolegaRuang kerja komunal Kolega.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah anak muda tengah berbincang tentang dunia fotografi, di sebuah ruangan berukuran 24 meter persegi.

Sementara di sudut ruangan lainnya, sepasang eksekutif terlihat serius bertukar ide, dan gagasan mengenai perkembangan terbaru dunia teknologi informasi.

Itulah sekelumit visualisasi aktual di ruang kerja komunal, atau istilah populernya co-working space, di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tidak Hanya Ruang, Coworking Space Tawarkan Jaringan

Kendati berbeda minat, dan latar belakang, ada satu kesamaan yang terajut dalam harmoni yang terjadi Rabu (8/8/2018) itu. 

Mereka sama-sama muda. Beberapa di antaranya, bahkan, berusia sebaya mahasiswa. Cerdas, energetik, kreatif, dan dinamis.

Kredo mereka adalah optimistis. Yakin bahwa masa depan yang tengah mereka rancang secerah mentari di atas ruang perkantoran yang disewa Koléga, operator co-working space yang menyatukan anak-anak muda itu.

"Ruang kerja bersama ini semacam market place dalam dunia nyata. Kolega mempertemukan antara satu kepentingan dengan kepentingan lainnya, satu komunitas dengan komunitas lainnya. Tujuannya satu yaitu tumbuh bersama melalui kolaborasi," terang Co Founder dan CEO Koléga Rafi R Hiramsyah menjawab Kompas.com.

CEO Kolega Rafi HiramsyahHilda B Alexander/Kompas.com CEO Kolega Rafi Hiramsyah
Rafi menuturkan, anak muda yang baru memulai usaha, perusahaan rintisan (start up), atau para pebisnis pemula yang baru akan melakukan ekspansi usaha, demikian besar jumlahnya di Indonesia.

Mengutip Startup Ranking, Indonesia masuk daftar lima besar negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Dengan total 1.705 startup, menempatkan Indonesia di urutan keempat di bawah Amerika Serikat (28.794 startup), India (4.713 startup), dan Inggris (2.971).

Peringkat ini sekaligus membawa Indonesia nomor satu di kawasan Asia Tenggara, mengungguli Singapura yaitu 508 startup, Filipina 193 startup, Malaysia 144 startup, Thailand 81 startup, dan Vietnam 73 startup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X