JLO, Sepotong Nirwana di Ekor Banua

Kompas.com - 09/11/2017, 23:50 WIB
Penataan taman Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah laut KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANPenataan taman Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah laut
|
EditorHilda B Alexander

TEMAJUK, KompasProperti - Tidak ada pasokan listrik PLN bukanlah hambatan dalam mengembangkan destinasi wisata. Hal ini dialami oleh masyarakat Desa Temajuk yang tetap gigih mengelola destinasi wisata agar menjadi pilihan para pelancong.

Temajuk sendiri merupakan desa terakhir yang posisinya persis di bagian ekor Kalimantan. Secara administratif, desa ini masuk dalam kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Pasokan listrik PLN di desa ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Listrik menerangi desa mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB keesokan harinya.

Namun, penerangan ini belum menjangkau semua titik, terutama untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pariwisata.

Tampak depan Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah lautKOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Tampak depan Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah laut
Meski dianugerahi panorama pantai dan perbukitan yang masih alami dan berkelas dunia, Temajuk belum sepenuhnya memiliki infrastruktur yang berstandar global.

Lantas, bagaimana masyarakat pelaku usaha pariwisata menyiasati keterbatasan tersebut?

Salah satu fasilitas akomodasi berkonsep homestay yang ada di Temajuk, Pondok JLO misalnya, dikelola dengan mengadopsi eco green.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lokasinya yang berbukit dengan kemiringan kontur tanah sekitar 30 derajat menawarkan pemandangan laut, karena posisi homestay  dibuat di atas perbukitan.

Pengelola Pondok JLO, Frumensius Dominggo mengatakan, saat ini terdapat 7 pondok yang disewakan untuk pengunjung.

Bagian depan Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah lautKOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Bagian depan Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah laut
Desain pondok yang dibangun sejak tahun 2015 itu dibuat senyaman mungkin, dengan pendekatan alami, sehingga memungkinkan penggunaan energi berkelanjutan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X