Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Kesiapan Wisma Atlet Kemayoran untuk Asian Games 2018

Kompas.com - 19/07/2017, 19:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejak dibangun pada 17 Maret 2016 lalu, proyek Rumah Susun Kemayoran yang nantinya digunakan sebagai wisma atlet untuk sementara waktu, terus menunjukkan progres positif.

Dibangun di atas lahan seluas 10,6 hektar, wisma atlet ini nantinya menjadi tempat tinggal sementara bagi atlet dan official Asian Games 2018.

KompasProperti berkesempatan melongok langsung progres pembangunan wisma atlet yang dirancang memiliki sepuluh tower ini, Rabu (19/7/2017).

Dari pantauan, sejumlah pekerja nampak masih menggarap sisi bangunan yang belum rampung, baik di luar maupun di dalam.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, sejauh ini perkembangan pembangunan fisik telah mencapai 95,67 persen. Ditargetkan pembangunan fisik itu akan rampung sesuai jadwal pada Agustus 2017.

Seorang pekerja mengangkat material yang digunakan untuk pembanguan proyek Wisma Atlet Kemayoran, dengan menggunakan lift, Rabu (19/7/2017). Progres pembangunan wisma atlet ini sudah mencapai 95,67 persen.KOMPAS.com / DANI PRABOWO Seorang pekerja mengangkat material yang digunakan untuk pembanguan proyek Wisma Atlet Kemayoran, dengan menggunakan lift, Rabu (19/7/2017). Progres pembangunan wisma atlet ini sudah mencapai 95,67 persen.

Selain pembangunan fisik, juga akan dibangun landscaping guna mempercantik wisma yang digadang-gadang Wakil Presiden Jusuf Kalla, lebih baik dibandingkan Olympic Village Barra da Tijuca, Rio de Janeiro, Brazil.

"Penataan taman sambil jalan. Kita harapkan juga tahun ini semua sudah selesai termasuk tamannya. Tahun 2018 tinggal persiapan pelaksanaan saja," kata Syarif saat menyambangi lokasi proyek di Blok D10.

Berbeda dari rusun pada umumnya, rusun yang akan digunakan sebagai tempat istirahat atlet ini terbilang mewah.

Main foyer cukup luas, sehingga memungkinkan penghuninya dapat beraktifitas secara bebas.

Main foyer Wisma Atlet Kemayoran.k Main foyer Wisma Atlet Kemayoran.

Selain kamar, berbagai fasilitas pun disediakan seperti minimarket, tempat parkir sepeda, motor, dan mobil, tempat ibadah, laundry center, hingga klinik.

Sementara untuk masing-masing kamar, didesain dengan ukuran yang sama yaitu Tipe 36. Di setiap kamar terdiri atas dua kamar tidur lengkap dengan kasur, kamar mandi, dapur, hingga ruang tamu yang cukup representatif.

Fasilitas kamar tidur yang terdapat di dalam Wisma Atlet Kemayoran.KOMPAS.com / DANI PRABOWO Fasilitas kamar tidur yang terdapat di dalam Wisma Atlet Kemayoran.

Secara keseluruhan, Syarif mengatakan, Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun dengan nilai proyek Rp 3,4 triliun itu akan memiliki 7.426 unit, terbagi 5.494 unit di Blok D10 dan 1.932 unit di Blok C2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com