Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Lahan Industri di Deltamas Tembus Rp 2,3 Juta Per Meter Persegi

Kompas.com - 11/05/2016, 19:39 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan industri Deltamas Cikarang, Greenland International Industrial Center (GIIC) yang dimiliki PT Puradelta Lestari Tbk telah dihuni pabrik-pabrik perusahaan besar antara lain Mitsubishi Motors Corporation, pabrik ban dari Taiwan Maxxis Tires dan perusahaan otomotif kerjasama General Motors, Wuling Motors, dan SAIC Motors Corporation (SGMW).

Perusahaan yang bergabung di Deltamas ini berkontribusi dalam peningkatan harga lahan.

"Harga lahan bervariasi tergantung ukurannya. Kalau lahan di bawah 2 hektar masih di atas Rp 2,3 juta per meter persegi," ujar Presiden Direktur Hongky Jeffry Nantung kepada Kompas.com, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Di sisi lain, kata Hongky, jika ada perusahaan yang menggunakan lahan besar atau di atas 2 hektar, Puradelta memungkinkan untuk memberikan insentif sehingga harganya lebih murah.

Hingga saat ini, Puradelta memiliki total 1.730 hektar bank tanah yang belum digunakan. Jumlah seluruh lahannya adalah 3.000 hektar.

Tahun ini, Puradelta juga akan menambah lahan GIIC seluas 135 hektar lagi. Sekarang, penambahan tersebut dalam proses akuisisi.

Sementara itu, untuk penggunaan lahan baru pada 2016, Puradelta menargetkan 50 hektar lahan terjual.

Saat ini, penyerapannya memang baru 2,2 hektar. Namun, Hongky optimistis pada kuartal satu penggunaan lahan bisa mencapai 70-80 persen.

Puradelta saat ini tengah menjalani proses penjajakan kerjasama dengan 5 perusahaan baru. Dua di antaranya sudah hampir pasti akan mencapai kesepakatan.

"Sampai akhir tahun, kita harapkan lebih (dari target). Tapi, butuh waktu lama untuk perusahaan-perusahaan ini, karena bukan mayoritas Jepang seperti biasa," kata Hongky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com