Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Mesin Cuci Bukaan Depan atau Bukaan Atas?

Kompas.com - 02/05/2024, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan mesin cuci terbaik untuk ditempatkan di rumah Anda bisa menjadi proses yang memakan waktu panjang.

Banyak orang yang masih bingung ketika hendak memutuskan antara membeli mesin cuci bukaan depan ataukah mesin cuci bukaan atas.

Masing-masing jenis mesin cuci ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Simak penjelasan berikut untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Baca juga: Berapa Lama Mesin Cuci di Rumah Anda Bisa Bertahan?

Mesin Cuci Bukaan Depan

Mesin cuci bukaan depan menggunakan siklus pembersihan yang lebih lembut dan menyeluruh dibandingkan mesin cuci bukaan atas.

Meskipun memerlukan waktu lebih lama untuk mencuci dibandingkan mesin cuci bukaan atas, mesin ini sebenarnya lebih hemat energi.

Bahkan mesin cuci bukaan depan cenderung 25 hingga 50 persen lebih hemat energi dibandingkan mesin cuci bukaan atas.

Mesin cuci bukaan depan sering kali memberikan kinerja pembersihan yang lebih baik karena putaran tabungnya yang horizontal, yang memungkinkan pakaian terjatuh dan diaduk dengan lebih efektif.

Selain itu, mekanisme pencucian di dalam mesin ini menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan metode pencucian agitator yang digunakan mesin bukaan atas.

Mesin cuci bukaan depan juga menggunakan lebih sedikit air dibandingkan mesin cuci bukaan atas dan memerlukan lebih sedikit deterjen.

Baca juga: Lakukan Ini Sebelum Bersihkan Karpet di Mesin Cuci

Karena berputar lebih cepat dibandingkan mesin bukaan atas, proses pencucian di mesin cuci bukaan depan menyerap lebih banyak air dari pakaian, sehingga mengurangi waktu pengeringan.

Desain mesin cuci bukaan depan sangat ramping sehingga dapat ditumpuk dan cocok digunakan di rumah dan ruangan kecil.

Selain itu, mesin cuci bukaan depan biasanya menawarkan pilihan dan fitur pencucian terbanyak. Misalnya, fitur pintar yang dapat terhubung dengan WiFi dan menggunakan aplikasi serta perintah suara.

Mesin cuci bukaan atas

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas, mesin cuci satu tabung.SHUTTERSTOCK/SHERIF ABDELMONEM AHMED Ilustrasi mesin cuci bukaan atas, mesin cuci satu tabung.

Mesin cuci bukaan atas memiliki ruang bongkar muat di bagian atas mesin, dan menggunakan gerakan memutar untuk membersihkan pakaian.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com