Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah untuk Milenial, 36 Meter Persegi Seharga Rp 370 Jutaan

Kompas.com - 29/07/2020, 10:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren pasar properti terus menunjukkan perubahan dinamis. Terutama di sektor perumahan melalui produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan era kebiasaan baru (new normal).

Namun demikian, segmen pasar dengan rentang harga Rp 300 juta hingga Rp 500 juta masih tetap mendominasi, dan terus menguat meski di tengah Pandemi Covid-19.

Menurut Konsultan Marketing Properti Andy K Nathanael, segmen rumah menengah bawah ini memang masih kuat dan cenderung akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan.

Terlebih jika desainnya dirancang sedemikian rupa, kompak, dan sesuai dengan kebutuhan pasar sasaran, yang sebagian besar merupakan pembeli rumah pertama atau first time home buyer, dan juga kalangan milenial.

Baca juga: Transformasi Jababeka, TOD City yang Saling Terkoneksi

"Banyak pengembang kemudian melakukan sejumlah upaya untuk beradapatasi dengan kondisi baru yang telah membawa tantangan sekaligus peluang tersendiri di dalamnya," kata Andy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Perubahan ini juga ditangkap oleh Jababeka Residence melalui peluncuran produk baru bertajuk Rotterdam di Kota Jababek, Cikarang, Bekasi.

Presiden Direktur Jababeka Residence Sutedja Sidarta Darmono mengatakan, Pandemi Covid-19 ini telah membawa banyak perubahan, oleh karena itu perusahaan melakukan tindakan responsif.

"Pasar kini telah mengubah arah anginnya, saat ini makin banyak tuntutan dan permintaan yang begitu spesifik akan hunian, akan tetapi perubahan ini memberi suatu peluang tersendiri bagi Jababeka untuk berinovasi," tutur Sutedja.

Menurut Sutedja, Rotterdam dirancang dengan konsep rumah kompak dengan tatanan ruang yang efisien, dan harga terjangkau.

Desain rumah kompak ini direpresentasikan ke dalam dua tipe. Tipe 1 luasan bangunan sekitar 36 meter persegi dengan luas tanah 30 meter persegi dan Tipe 2 luas bangunan 54 meter persegi dengan luas tanah 45 meter persegi.

Baca juga: Milenial, Ini Solusi Rumah Murah Buat Kamu!

Produk baru ini berada di kawasan Sport City Extension seluas 13 hektar yang dekat dengan beragam fasilitas dan infrastruktur transportasi.

Kondisi ini, kata Sutedja, memudahkan penghuni untuk dapat beraktivitas dengan memanfaatkan transportasi umum.

General Manager Corporate  Jababeka Residence Eric Limansantoso menambahkan, Rotterdam ditawarkan dengan jumlah terbatas, hanya 70 unit untuk tahap pertama.

"Kami mematoknya dengan harga Rp 370 jutaan," kata Eric.

Calon konsumen dapat memiliki hunian Rotterdam Jababeka hanya dengan NUP Rp 2 juta dengan uang muka atau down payment (DP) 5 persen yang bisa dicicil enam kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com