Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 500 Gedung Bakal Sesaki London

Kompas.com - 25/04/2018, 08:55 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jumlah gedung pencakar langit di London, Inggris, diprediksi akan bertambah dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan, diperkirakan jumlahnya dapat mencapai lebih dari 500 gedung.

Demikian dilaporkan New London Architecture seperti dilansir dari Property-Report. Pada 2017 lalu, sebanyak 510 gedung dengan tinggi minimal 20 lantai direncanakan akan dibangun. Terutama di daerah pinggiran kota metropolitan Inggris itu.

Jumlah tersebut naik 12 persen bila dibandingkan rencana pembangunan pada tahun 2016 yang hanya 455 gedung. Kenaikan tersebut sekaligus menjadi yang pertama dalam sejarah pembangunan di Inggris.

Saat ini, sekitar 115 bangunan bertingkat tinggi sedang dibangun di kota tersebut.

Ambisi pembangunan gedung vertikal ini sekaligus mencerminkan pembangunan gedung-gedung pencakar langit lainnya di seluruh dunia.

Berdasarkarkan laporan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTUBH), sekitar 230 gedung dengan tinggi lebih dari 200 meter ditargetkan rampung hingga akhir tahun ini.

Adapun bangunan tinggi di London sendiri mencakup Spire London di Canary Wharf. Bangunan jangkung setinggi 235 meter ini akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di Eropa bila telah rampung pada 2020 mendatang.

Adapun pembangunan pencakar langit di London sendiri tidak saja terkonsentrasi di pusat kota, tetapi juga di daerah sekitarnya seperti Battersea, Greenwich, Lambeth, dan Polar. Hampir 90 persen gedung pencakar langit yang akan dibangun bakal diperuntukkan sebagai hunian

Berdasarkan proyeksi, ada 106.000 unit hunian yang akan rampung hingga 2030 mendatang. Ini tentunya dapat menjadi salah satu jawaban bagi persoalan krisis hunian terjangkau.

“Dengan populasi London yang terus meningkat dan permintaan rumah baru yang semakin tinggi kami berpandangan bahwa bangunan pencakar langit yang dirancang dengan baik, di tempat yang tepat, adalah bagian dari solusi,” kata Chairman New London Architecture Peter Murray.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com