Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Terbitkan Komodo Bond Rp 4 Triliun di Bursa Efek London

Kompas.com - 13/12/2017, 20:05 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

LONDON, KompasProperti - London Stock Exchange menyambut pencatatan obligasi pertama di dunia dengan denominasi Rupiah, Rabu (13/12/2017).

Obligasi bernama Komodo Bond ini, diterbitkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk ke pasar internasional.

Komodo Bond dengan jangka waktu tiga tahun ini senilai Rp 4 triliun atau setara 295,7 juta dollar AS, dengan kupon 7,5 persen dan dukungan investor global.

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno pencatatan melalui London Stock Exchange ini membuka kesempatan bagi terbukanya pasar global Komodo Bond untuk mendukung emiten Indonesia dan pendanaan infrastruktur.

"Komodo Bond memungkinkan investor asing untuk mengakses infrastruktur dengan berkualitas tinggi untuk mendiversifikasi portofolio mereka," ujar Rini.

Ia menambahkan, investor juga mendapatkan akses ke mata uang lokal. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan tingkat pengembalian lebih tinggi dibandingkan dengan USD Bonds.

IDR Bonds yang merupakan pendanaan dengan denominasi Rupiah ini merupakan pendekatan proaktif manajemen risiko dalam hal mata uang asing.

Dana dari obligasi tersebut akan digunakan oleh Jasa Marga untuk mengakses investor global, melalui London, dalam rangka mendukung rencana pembangunan infrastuktur di Indonesia dan mempercepat pertumbukan ekonomi nasional.

"Penerbitan global bonds dengan mata uang lokal Rupiah akan mendiversifikasi basis investor perusahaan publik dengan target investor yang meminati 'aset mata uang lokal' dan menciptakan sumber pendanaan baru," kata Rini.

Selain itu, menurut dia, dengan penerbitan global IDR Bonds, atau Komodo Bonds, emiten memiliki fleksibilitas untuk memilih alternatif pendanaan terbaik di tengah kebutuhan pendanaan yang besar bagi investasi.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengaku senang melihat tingginya partisipasi investor global pada debut Komodo bond.

"Transaksi ini tidak hanya milestone penting bagi Jasa Marga, tetapi juga merupakan langkah signifikan dalam mengeksplorasi emiten Indonesia lainnya untuk mengakses pendanaan baru," sebut Desi.

Mengingat adanya credit story yang kuat dan karakteristik pendapatan yang stabil, Jasa Marga berhasil memperoleh minat investor sebelum transaksi diumumkan.

Melalui London Stock Exchange, bursa efek terglobal di dunia, penerbitan obligasi ini membuat Jasa Marga dapat lebih mendiversifikasi sumber pendanaan yang dimiliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com