Toile, Elemen Dekorasi Kuno yang Masih Digunakan hingga Kini

Kompas.com - 18/08/2021, 13:00 WIB
Desain Toile https://www.francetoday.com/Desain Toile

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah kata dari bahasa Perancis yang berarti "kain linen" atau "kanvas," toile adalah jenis kain seperti kanvas yang telah menjadi elemen dekorasi populer sejak pertengahan 1700-an.

Istilah "toile" memiliki beberapa arti yang berbeda, termasuk kain seperti kanvas itu sendiri, pola berulang pada kain, atau pakaian uji yang terbuat dari kain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dekorasi "toile" mengacu pada pola yang diulang pada kain. Biasanya, polanya menggambarkan adegan pastoral yang sangat kompleks, dan detail.

Baca juga: Apa Pentingnya Desain Hunian Sehat dan Bagaimana Cara Mewujudkannya?

Pengucapannya "twall," toile memiliki sejarah yang panjang dan bervariasi di seluruh Eropa dan Amerika Serikat.

Kain ini sejatinya berasal dari Irlandia, tetapi menjadi elemen dekorasi yang sangat populer di seluruh Inggris dan Prancis.

Setelah beberapa ratus tahun sejarah, toile memiliki reputasi sebagai elemen dekorasi yang "pengap" atau ketinggalan zaman.

Popularitasnya telah surut dan mengalir selama bertahun-tahun. Meski dihantam kolonialisasi budaya Amerika, namun toile tetap menjadi elemen dekorasi klasik yang masih dapat ditemukan di rumah-rumah di seluruh dunia.

Sejarah Toile

Awalnya, toile digunakan oleh penjahit untuk menguji pola pada kain murah, putih atau off-white. Biasanya, desainer akan membuat beberapa toile sampai polanya benar-benar sempurna.

Tahun 1760, Christophe-Philipe Oberkampf membuka pabrik toile pertama di Jouy-en-Josas, Perancis, dan bahan tersebut diberi nama ulang "Toile de Jouy."

Oberkampf bekerja dengan desainer terkenal Jean-Baptiste Huet untuk mengembangkan pola dan gaya klasik dari toile, yang masih dapat ditemukan sampai sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.