Kompas.com - 17/08/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi halaman rumah SHUTTERSTOCKIlustrasi halaman rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk mungkin serangga yang paling tidak disukai di dunia. Serangga pengisap darah manusia ini penyebab utama beberapa penyakit. Mulai dari malaria, demam berdarah, demam kuning hingga zika.

Meskipun nyamuk tidak merusak rumah, lanskap, atau tanaman kebun, serangga ini menjadi gangguan dalam beberapa masalah dan berpotensi berbahaya mengancam kesehatan seseorang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda dapat menjauhkan nyamuk dari rumah dengan kasa jendela dan pintu yang ditutup utuh.

Di luar ruangan, solusi terbaik untuk memerangi nyamuk ini adalah menghilangkan sumber semua kehidupan nyamuk, misalnya genangan air.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Nyamuk dengan Lima Tanaman Ini

Menyingkirkan nyamuk tidak berbeda dengan menyingkirkan jamur. Nyamuk membutuhkan kelembapan untuk tumbuh dan berkembang, sehingga sebagian besar langkah perawatan berfokus pada menghilangkan atau merawat potensi tempat berkembang biaknya air.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (17/08/2021), ada tiga cara untuk menghilangkan genangan air di halaman rumah dan menjauhkan Anda dari nyamuk.

1. Merapikan Halaman

Segala genangan baik itu alami atau buatan, merupakan tempat berkembang biak yang potensial bagi nyamuk.

Air hujan atau air irigasi yang jatuh di daun dan puing-puing halaman lainnya menciptakan kolam kecil tempat nyamuk bertelur untuk berkembang biak.

Bereskan segala sudut halaman, sekecil mungkin di setiap sisi sudut tidak ada genangan air, seperti daun-daun yang berserakan segara dirapikan. 

Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.